Latest News

Tuesday, March 30, 2010

Modal


Modal Ibuka ada dalam kocek dan kepalanya (Ada sedikit uang kontan masuk sebagai hasil penjualan Volmeter yang dibuat perusahaannya yang dulu).
Masaru Ibuka itu adalah seorang insinyur listrik yang juga salah satu pendiri SONY Corp. Di fotonya, Ibuka itu orangnya kurus, berkacamata dan kelihatan kalau ia orang yang cerdas.
Tapi saya bukan mau ngomong masalah foto. Saya suka dengan kalimat pembuka di atas; Modal Ibuka ada dalam kocek dan kepalanya. Ibuka yang bermodal sedikit uang namun dengan isi kepala yang hebat, mampu membuat sebuah perusahaan elektronik yang cukup disegani di dunia. Yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa perusahaan Ibuka itu didirikan tepat setelah perang usai.
Sekarang mari kita bertanya pada diri kita sendiri. Apa modal saya ya? Apa modal anda? Apa modal kita?
�Wah gaji saya gede!�. Tapi pengeluarannya jauh lebih gede.
�Eh, saya kan tampan ya.�
�Saya termasuk cantik lho!�.
Lalu ketampanan dan kecantikan itu digunakan untuk �ngrusak�.
�Lho, jangan salah mas, saya lulusan Universitas top.�
Terus? Masih terus belajar tidak?
�Lho, tentu no!�
Belajar apa? Terus ada gunanya bagi orang lain tidak. Jangan � jangan njenengan belajarnya hanya agar bertambah gajinya. Terus gaji itu nanti akan mengalir ke orang seperti Masaru Ibuka itu.
�Ya, kalau itu bukan urusan sampeyan.�
Yo betul, bukan urusan saya. Saya juga tidak mau repot ngurusi yang macam gitu kok.
Tapi, saudara � saudara, Charles Darwin tidak pernah bilang bahwa ekor nantinya akan berevolusi menjadi kepala dan begitu sebaliknya. Tidak ada dalil yang seperti itu.

Orang yang Cuma �Ngikut� tidak akan mungkin jadi �Frontman�!!

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post