Latest News

Monday, January 4, 2010

Terpengaruh dan Berpengaruh


Beberapa remaja memakai sepatu Hush Puppies ke klab karena ingin tampil beda. Sepatu lama yang sudah tidak lagi diminati oleh orang - orang itu sengaja mereka pakai agar mereka dapat tampil tidak sebagaimana orang lain tampil.
Produsen sepatu Hush Puppies sudah berencana untuk menghentikan produksi sepatu Hush Puppies itu karena tingkat penjualan yang semakin menurun. Tapi sesuatu yang aneh terjadi ketika beberapa remaja yang disebutkan di awal tulisan memakainya untuk tampil beda.
Tanpa dinyana, remaja � remaja lain mengikuti teman � teman mereka menggunakan Hush Puppies. Lalu menyebarlah trend bersepatu Hush Puppies. Yang membuat produsen mengurungkan niat untuk menghentikan produksi Hush Puppies itu.
Begitulah fakta yang ditulis oleh Malcolm Gladwell di bukunya, Tipping Point. Pelajaran yang bisa kita ambil: manusia cenderung terpengaruh daripada mempengaruhi. Harus ada upaya yang kuat untuk bisa mempengaruhi orang lain. Namun, karena sifat manusia yang lebih cenderung terpengaruh, terkadang tanpa usaha yang kuat pun, melainkan karena dipakai atau dianut secara massif, perubahan akan terjadi.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post