Latest News

Wednesday, December 16, 2009

Berawal dari Facebook Baruku


Suatu kali saya dan seorang teman berbincang di facebook. Berikut perbincangannya:
Saya: �Pak, saya sekarang sedang tergila � gila dengan sepeda. Coba anda klik link berikut: Bayangkan, Negara yang menjajah kita selama tiga setengah abad saja sampai sekarang alat transportasi utamanya masih sepeda onthel. Lha kita? Gengsi mau naik sepeda onthel.�
Beliaunya: �Mmm, itu karena mereka sudah bosen naik mobil. Jadi mereka nggenjot onthel�
Saya: �Oh tidak pak, mereka itu pragmatis banget. Bensin mahal di sana. Karena itu mereka itu naik sepeda. Ya mereka mampu naik mobil tapi tetap lebih murah naik sepeda. Himbauan �Mr. X� untuk naik sepeda tidak mempan.�
Beliaunya: �Ya, coba �Mr. X� itu kasih contoh dulu. Kalau bepergian yang tidak begitu jauh naik onthel aja gitu.�
Saya: �Ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha.�
Teman saya berbincang itu benar: agar suatu aksi dapat diterima dan dilaksanakan oleh orang banyak, aksi itu memerlukan model. Nah model ini akan sangat efektif jika diperankan oleh pemimpin atau tokoh masyarakat yang �digugu� oleh orang banyak.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post