Latest News

Monday, November 23, 2009

Metode Montessori Efektif?

Tentang Albert de Mesquita, teman Anne Frank yang lain, dia menulis: "Albert de Mesquita came from Montessori School and skipped a grade. He's really smart." Pertanyaan saya, apakah metode Montessori benar - benar efektif? Banyak statemen yang menyatakan demikian. Menurut sebuah sumber, metode Montessori efektif karena:
  1. Banyak bahan yang meningkatkan keingintahuan anak - anak seperti bangun geometri, tabung - tabung , segitiga susun, kotak warna dan lain sebagainya. Bahan - bahan ini menarik perhatian siswa dan membantu guru dalam mengajar.
  2. Metode ini menekankan pada pembangunan rasa percaya diri siswa. Pembahasan baru tidak dilaksanakan sebelum pembahasan yang sebelumnya dipahami betul oleh siswa.
  3. Ada cinta dan penghargaan di dalam metode montessori antara guru dan siswa. Anak - anak gembira dalam sekolah yang memakai metode montessori.
  4. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan dorongan untuk terus belajar adalah dua hal yang terus menerus ditekankan untuk dicapai siswa disamping kemampuan lainnya.
  5. Tak ada nilai merah. Nilai merah akan menurunkan mental anak.
Dan masih banyak yang lainnya. Bisa jadi metode ini memang memiliki andil untuk mencerdaskan siswa.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post