Latest News

Sunday, July 19, 2009

YANG TELAH DAN AKAN KUBACA



Liburan kemarin, saya diajak ke Jogja oleh seorang saudara, terima kasih, dengan demikian saya bisa membeli buku. Di Gramedia, awalnya saya berkeinginan membeli buku tutorial animasi teks flash cs3. Cuma karena tidak ada saya hanya berputar - putar sekeliling toko buku yang besar itu. Di saat itulah saya teringat Malcolm Gladwell. Ada bukunya yang saya telah baca beberapa resensinya, Outliers. Wah mengapa saya bisa lupa. Menurut beberapa peresensi, buku itu menawarkan sesuatu yang baru berkenaan dengan kesuksesan seseorang. Saya mencarinya. Dan, ternyata, di toko buku Gramedia, buku itu masuk dalam rak buku baru! pantas saya cari di rak psikologi tidak ada. Oke, saya bayar dan pulang.
Keesokan harinya saya membaca buku itu dan benar, buku itu memang menawarkan informasi baru yang bisa jadi tidak pernah kita pikirkan sebelumnya berkaitan dengan faktor - faktor yang membuat orang menjadi sukses. Buku - buku yang kita baca mengenai biografi orang sukses umumnya menonjolkan kecerdasan dan ambisi yang besar dari orang itu untuk mencapai kesuksesannya. Tapi Outliers lain. Menurut Gladwell, masih ada beberapa faktor lain yang yang berperan penting. Mereka itu adalah generasi, budaya, keluarga dan kelas sosial.
Ambillah contoh yang ini: Mengapa orang Asia begitu pandai dalam bidang matematika? Jawabannya adalah karena orang Asia umumnya bertani padi, bukan gandum seperti di Eropa. Padi mengharuskan mereka untuk terus menerus bekerja keras. Kata Gladwell, kerja keraslah yang diperlukan agar seseorang menjadi mahir di matematika.
Ada juga yang menarik dari halaman - halaman buku ini. Yaitu tentang penduduk suatu wilayah di Amerika yang jarang sekali terserang penyakit jantung. Padahal gaya hidup mereka memungkinkan mereka untuk mendapatkan penyakit mematikan itu. Apa rahasianya? Karena mereka senang saling berkunjung di antara mereka! Saya teringat ajaran Nabi Muhammad yang menyuruh kita untuk saling bersilaturrohim, karena ia akan memanjangkan umur dan menambah rezeki!
Buku yang luar biasa.

13 Juli kemarin, saya mendapatkan paketan buku dari seorang, sahabat baik saya, yang baik hati di negeri seberang. Dua buku yang saya terima darinya adalah THE WHITE TIGER oleh ARAVIND ADIGA dan THE ROAD FROM DAMASCUS oleh Robin Yassin-Kassab. Untuk saat ini saya baru membaca THE WHITE TIGER seperempatnya. Menurut sahabat saya itu, buku ini favoritnya. Itulah sebab saya membacanya di urutan awal.

Nampaknya THE WHITE TIGER berkisah tentang kemoderenan India dan THE ROAD FROM DAMASCUS tentang pertentangan hati seorang muslim yang telah sekian lamanya hidup di Eropa. Betapa keyakinannya sebagai muslim bertolak belakang dengan budaya Eropa yang ingin diadopsinya. Buku menarik. Terima kasih untuk sobat yang berada di seberang lautan nan jauh. Mudah - mudahan engkau selalu sehat. Kata - kata tidak dapat melukiskan terima kasihku atas kebaikanmu.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post