Latest News

Friday, July 24, 2009

TIPS MENGGUNAKAN ASC TIMETABLES



Rutinitas setiap awal tahun ajaran baru adalah, salah satunya, membuat jadwal mengajar. Menyusun jadwal mengajar susah - susah gampang. Terlebih jika banyak dari rekan guru yang memesan waktu tidak mengajar. Terkadang, menyusunnya membutuhkan waktu berhari - hari.
Beruntung seorang saudara memberitahukan tentang software yang bisa digunakan untuk menyusun jadwal mengajar secara otomatis, dialah ASC TIMETABLES.
Dengan semangat saya mendownload ASC TIMETABLES itu dan menginstalnya. Betapa beruntungnya saya, software inipun telah dilengkapi dengan tutorialnya yang berbahasa Indonesia - meskipun penerjemahannya belum begitu sempurna betul.
Namun, sebagai seorang pemula dalam menggunakan software ini, ternyata perlu waktu juga untuk bisa membuat jadwal yang baik. Untuk memenuhi permintaan beberapa guru, meskipun menggunakan software, tetap tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya. Beberapa kali ASC TIMETABLES gagal dalam menyusun jadwal.
Setelah beberapa kali gagal, saya mencoba untuk me-generate jadwal secara lompat - lompat. Awalnya saya menyelesaikan kondisi - kondisi yang diminta tiap guru - selesai satu guru baru beralih ke guru yang lain. Untuk yang terakhir kali inilah saya menyelesaikan satu kondisi untuk satu guru, me-generate, beralih ke guru lain, me-generate begitu seterusnya hingga, Alhamdulillah, jadwal bisa selesai dan permintaan guru juga bisa terpenuhi semuanya.
Mungkin tips ini ada gunanya bagi anda. Mudah - mudahan.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post