Latest News

Friday, May 22, 2009

WANDAH WIBAWANTO


Kenalan kita yang baru kali ini adalah Wandah Wibawanto, lelaki asal dan kelahiran Malang 28 Januari 1983, lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang tahun 2006. Dia pernah bekerja sebagai pemrogram game flash di freeonlinegames.com sampai 2008. Programmer game? Ya Wandah adalah seorang programmer game professional.
Suami dari Rahina Nugrahani ini memiliki tekad yang kuat untuk menjadi seorang programmer game sejak masih duduk di bangku SMA. Bagaimana tidak bertekad kuat jika ia yang tidak memiliki komputer, pada masa itu, belajar untuk membuat game secara otodidak di sebuah rental computer dekat sekolahnya. Awalnya, ia belajar QBASIC dan TURBO PASCAL dari buku untuk membuat game. Dan ia berhasil.
Setelah muncul era game flash, ia belajar flash MX di tahun 2003. Baru satu pekan belajar, ia telah mampu membuat game flash pertamanya, Pong. Setelah belajar flash selama satu bulan, ia telah mampu membuat lima game flash. Desember 2003 ia membuat game MOCIL (Monster Kecil) yang menarik perhatian www.gotoandplay.it . Setelah itulah ia mulai memasarkan komiknya.
Wandah tidak menyimpan ilmu untuk dirinya sendiri. Dia menulis buku tentang bagaimana membuat game flash. Satu buku berjudul; Membuat Game dengan Flash, diterbitkan oleh penerbit Andi pada tahun 2003. Tapi selain itu ia juga membuat ebook yang berjudul: Dasar � dasar Pemrograman Flash Game. Untuk yang terakhir, bisa diunduh di sini.
Pemilik situs www.wandah.com dan www.3-bro.com ini menyemangati saya. Saya juga pernah belajar secara otodidak pemrograman flash game. Tapi kandas di tengah jalan karena putus asa. Membaca kisah Wandah, saya bersemangat lagi

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post