Latest News

Wednesday, April 29, 2009

UJIAN NASIONAL 2009, HARI INI


Kemarin, saat siswa mengerjakan mata uji Bahasa Inggris, saya mendekat kepada salah seorang siswa yang kelihatan sudah santai. Padahal teman - temannya yang lain masih sibuk menyelesaikan soal dan waktu untuk mengerjakan masih empat puluh lima menit lagi. Tanya saya lirih; "Sudah selesai?". Dijawabnya; "Sudah". Ketika bel selesai dibunyikan dan saya keluar dari ruangan saya kembali kepada anak itu; "Mudah?". "Mudah", jawabnya. Tapi dari pertanyaan yang saya ajukan berikutnya saya tahu bahwa ia mengikuti beberapa mata pelajaran di sebuah kursusan yang dikelola oleh anak - anak lulusan UGM. Pantas, pikirku. Tapi bagaimana dengan siswa lain?
Hari ini saya mengawasi anak - anak yang mengerjakan soal - soal matematika. Dan mereka nampak mudah saja mengerjakan soal matematika. Apa memang soal Ujian Nasional untuk mata uji Matematika mudah bagi mereka? Mudah - mudahan.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post