Latest News

Thursday, April 8, 2010

Apa yang Bisa Anda Pelajari dari Anak - Anak?





Di bawah ini adalah apa yang diucapkan oleh Adora Svitak di video di atas:

Saya akan mulai dengan pertanyaan: kapan terakhir kali anda dikatakan kekanak � kanakan? Bagi anak � anak seperti saya, dipanggil kekanak � kanakan merupakan makanan sehari � hari. Tiap kali kami meminta sesuatu yang tidak rasional, ketika kami nakal, atau ketika kami menunjukkan perilaku yang sebenarnya wajar, kami disebut kekanak � kanakan. Ini benar � benar mengganggu. Coba anda dengarkan ini: Imperialisme dan kolonialisme, perang dunia, George W. Bush. Tanyakan pada diri anda sendiri: siapa yang bertanggung jawab? Orang dewasa.
Sekarang apa yang dilakukan oleh anak � anak? Anne Frank membuat terkesima berjuta orang dengan tulisan pengalamannya dalam Holocaust. Ruby Bridges membantu menghentikan perpecahan di Amerika, dan yang terbaru, Charlie Simpson menggalang dana 120,000 pound untuk Haiti dengan sepeda kecilnya. Dengan bukti � bukti itu, umur bukanlah penentu. Kekanak � kanakan nampaknya malah sering terjadi pada orang dewasa sehingga kita seharusnya tidak hanya menggunakannya untuk mengolok � olok anak � anak karena kata ini juga ditujukan untuk mengkritik sikap tidak bertanggung jawab dan irasional yang juga dilakukan oleh orang dewasa.
(Tepuk tangan)
Terima kasih.
Berikutnya, siapa yang bilang bahwa pemikiran irasional tidak diperlukan? Bisa jadi anda memiliki sebuah rencana besar. Tapi anda kemudian berpikir: ini tidak mungkin, atau biayanya terlalu besar atau itu tidak ada gunanya. Entah baik atau buruk, anak � anak seperti kami tidak pernah terhalangi dengan pertanyaan seperti itu. Anak � anak bisa jadi penuh dengan inspirasi dan harapan, seperti harapanku agar tidak ada lagi kelaparan dan tidak ada lagi orang yang suka berkhayal. Apakah ada diantara kalian yang memiliki impian dan percaya dengan kemungkinan seperti itu? Terkadang sejarah dan kegagalan di masa lalu bisa menjadi beban karena anda tahu bahwa segala sesuatunya bisa saja terjadi, bahwa bahan makanan akan menipis dan langka dan akan timbul kekacauan. Sedangkan anak � anak seperti kami, masih berpikir mengenai kesempurnaan. Dan itu adalah hal yang baik. Karena untuk mewujudkan sesuatu, anda harus memimpikannya terlebih dahulu.
Dalam berbagai cara, keberanian kita untuk bermimpi membantu menghilangkan ketidakmungkinan. Misalnya adalah Museum kaca di Tacoma, Washington, kampong halaman saya. Yuuhuu Washington (tepuk tangan) memiliki program yang diberi nama Kaca Desain Anak � anak, dimana anak � anak dapat menggambar ide mereka di kaca. Lalu para seniman mengatakan bahwa mereka mendapatkan banyak ide dari program itu karena anak � anak tidak pernah terbatasi dalam berpikir. Mereka hanya berpikir mengenai ide yang bagus. Mungkin, ketika anda berpikir mengenai kaca yang anda bayangkan adalah desain Chihuly yang penuh warna atau mungkin vas Italia tapi anak � anak melebihi itu semua dengan menggambar tentang ular yang patah hati atau mengenai anak pemanggang daging yang bisa anda lihat memiliki visi tentang daging (tertawa)
Kebijakan kita belum tentu menjadi pengetahuan yang hakiki. Anak � anak banyak belajar dari orang dewasa dan kami memiliki banyak hal untuk dibagi. Saya rasa saatnya bagi orang dewasa untuk belajar pada anak � anak. Saat ini saya banyak berbicara di depan orang berpendidikan, guru dan siswa dan saya sangat suka analogi ini. Seharusnya bukan hanya guru yang berdiri di depan kelas memerintah ini itu. Siswa harus mengajari guru mereka. Saling belajar antara orang dewasa dengan anak � anak harus dilakukan. Nyatanya, sayangnya, berbeda. Banyak yang tidak mempercayai hal ini.
Jika anda tidak mempercayai seseorang, anda membatasi mereka, bukan. Jika saya sangsi dengan kemampuan kakak perempuan saya dalam mengembalikan 10 persen bunga hutangnya pada saya, pasti saya tidak akan meminjaminya uang lebih banyak lagi kecuali jika ia membayarnya pada saya. (tertawa). Itu kisah nyata. Orang dewasa terlalu membatasi anak � anak dengan melarang ini dan itu. Sebagaimana direkam sejarah, rejim menjadi penindas ketika mereka terlalu banyak mengkontrol. Meskipun orang dewasa tidak sepenuhnya rejim yang total, anak � anak tidak memiliki atau katakanlah sedikit perannya dalam menentukan peraturan dalam hubungan timbal balik. Orang dewasa seharusnya belajar dan mengakomodir keinginan anak � anak.
Parahnya lagi adalah bahwa orang tua seringkali meremehkan kemampuan anak � anak. Kami suka tantangan, tapi ketika pengharapannya rendah, percayalah, semua itu tiada artinya. Orang tua saya memiliki banyak hal tapi mereka memiliki pengharapan yang rendah terhadap saya dan saudara perempuan saya. Memang mereka tidak meminta saya untuk menjadi dokter atau pengacara tapi ayah saya membacakan Aristoteles dan Pioneer Germ Fighters ketika kebanyakan anak � anak mendengarkan "The Wheels on the Bus Go Round and Round." Memang kami mendengarkan itu juga tapi Pioneer Germ Fighters benar � benar telah mengatur. (tertawa)


Saya suka menulis sejak berusia empat tahun. Ketika umur enam tahun ibu saya membelikan saya laptop dengan Microsoft Word. Terima kasih Bill Gates dan Ibu. Saya menulis kira � kira 300 cerpen di laptop itu dan saya ingin agar diterbitkan. Alih � alih mengolok pemula seperti saya, atau mengatakan tunggulah sampai engkau dewasa, orang tua saya sangat mendukungnya. Banyak penerbit yang tidak menyukainya. Salah satu penerbit besar untuk buku anak � anak bahkan mengatakan bahwa mereka tidak bekerja sama dengan anak � anak. Penerbit besar untuk buku anak � anak tidak bekerjasama dengan anak � anak? Saya tidak tahu. Anda akan merasa asing di sana. (tertawa). Saat ini, satu penerbit, Action Publishing, melakukan lompatan dan mempercayai saya, dan mendengarkan apa yang akan saya katakan. Mereka menerbitkan buku saya yang pertama, �Flying Fingers�, inilah dia � dan mulai dari sanalah saya mulai berbicara di ratusan sekolah, pembicara kunci pada ribuan pendidik, dan akhirnya sekarang berbicara di depan anda semua.
Saya hargai perhatian anda saat ini, karena dengan demikian berarti anda menunjukkan bahwa anda peduli, anda mendengar. Tapi ada satu masalah berkaitan dengan anak � anak yang nampaknya lebih baik daripada orang dewasa. Anak � anak tumbuh dan menjadi dewasa seperti anda semua. (tertawa) persis seperti anda, bukan? Intinya adalah bukan membuat pikiran anda menjadi seperti anak � anak. Tapi bagaimana agar anda menjadi orang dewasa yang lebih baik. Yang mana mungkin sedikit menantang kebanggaan anda semua. Akan tetapi, perubahan terjadi karena generasi baru dan era baru tumbuh dan berkembang serta mewujud menggantikan generasi sebelumnya. Inilah sebabnya kita tidak lagi berada di era kegelapan lagi. Apapun posisi anda dalam hidup, suatu keharusan untuk menciptakan kesempatan bagi anak � anak sehingga mereka bisa tumbuh untuk menggantikan anda semua. (tertawa)
Hadirin sekalian, anda harus mendengarkan dan belajar dari anak � anak dan mempercayai kami serta berharap banyak dari kami. Anda harus mendengarkan kami, karena kami adalah pemimpin masa depan yang artinya kami akan merawat anda ketika anda tua dan pikun. Bukan � bukan, bercanda saja. Kami akan menjadi generasi masa datang yang akan membawa dunia ini tetap berjalan ke depan. Jika hal ini tidak berarti apa � apa bagi anda, ingatlah bahwa cloning merupakan sesuatu yang mungkin. Dan sebagaimana anak � anak anda juga ingin agar anda didengarkan. Sekarang dunia membutuhkan kesempatan bagi pemimpin baru dan pemikiran baru. Anak � anak butuh kesempatan untuk memimpin dan menjadi sukses. Apakah anda siap? Karena permasalahan dunia seharusnya tidak diwariskan.
Terima kasih (tepuk tangan) terima kasih. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post