Belajar Membaca dan Sesame Street


Sekelompok peneliti pada University of Massachusetts dan University of Kansas, meneliti 600 anak sekolah menengah yang pada tahun 1980-an � ketika mereka berusia empat atau lima tahun � telah secara rutin menonton Sesame Street. Temuannya, ternyata mereka yang terbiasa menontonnya memiliki prestasi yang lebih baik daripada yang tidak terbiasa menontonnya. Dalam pelajaran Matematika, bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam, mereka lebih menonjol.
Dan berita baik berikutnya, ternyata mereka tidak hanya menonjol dalam akademik namun mereka, yang biasa menonton Sesame Street ketika kecil ini, juga menghabiskan waktu luang mereka dengan aktivitas yang lebih baik: membaca buku.
Yang aneh, belum ada yang bisa menjawab bagaimana sebuah program televisi yang ditonton selama satu jam bisa berdampak positif hingga belasan tahun berikutnya.
Namun, masa anak � anak memang masa � masa penuh keajaiban yang seharusnya terus menerus diteliti, disebarluaskan, dipelajari dan diterapkan. Keajaiban masa anak � anak bahkan sudah diketahui oleh orang � orang jaman dulu. Banyak orang tua jaman dahulu yang mendidik anak � anak balita mereka sehingga mereka telah memiliki kompetensi yang sulit dibayangkan oleh kita yang hidup di masa sekarang ini.
Kalau memang program televisi seperti Sesame Street ini memiliki dampak positif bagi anak � anak kita, nampaknya pemerintah harus mulai serius menggarap lahan ini sehingga televisi kita tidak hanya diisi oleh tayangan sinetron yang terbukti merugikan.

Post a Comment

Previous Post Next Post