Latest News

Tuesday, March 10, 2009

ABSEN DULU


Selama kurang lebih tiga minggu saya harus berada di Pusat Pendidikan dan Latihan Watukosek, Gempol, Pasuruan. Disana, saya tidak akan mungkin menemukan komputer. Apalagi internet. Untuk itu saya absen dulu dari memposting tulisan - tulisan saya di blog yang saya rindukan selalu ini.
Berat rasanya harus meninggalkan rumah. Meninggalkan istri saya, kedua anak - anak saya yang masih kecil - kecil selama sekian hari itu. Berat sekali rasanya harus meninggalkan blog ini. Saya biasa duduk di depan komputer selama berjam - jam. Dan kini, saya harus berada di sebuah tempat yang saya tidak bisa berinteraksi dengan istri, anak dan komputer sama sekali. Namun, apakah saya tidak perlu berangkat karena semua itu?
Saya membaca di dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People karangan Stephen Covey bahwa dalam esseinya yang berjudul "The Common Denominator of Success," E. M. Gray menulis: "The successful person has the habit of doing the things failures don't like to do,They don't like doing them either necessarily. But their disliking is subordinated to the strength of their purpose." Kalau diartikan: "Orang sukses mempunyai kebiasaan mengerjakan hal - hal yang tidak suka dikerjakan oleh orang gagal, mereka mungkin juga tidak suka mengerjakannya. Namun, ketidaksukaan mereka tunduk pada kekuatan tujuan mereka"
Memang berat untuk meninggalkan rumah selama itu. Apalagi jika anda memiliki istri dan anak - anak yang sangat anda cintai. Namun saya sadar bahwa kepergian saya selama tiga minggu itu akan membawa manfaat yang besar bagi saya dan keluarga saya. Maka, meskipun saya tidak suka, saya harus belajar untuk menjalaninya. Saya mendapatkan banyak manfaat dengan berselancar di dunia internet yang seakan tak berbatas. Dan saya yakin, saya akan mendapatkan manfaat - manfaat lain di Watukosek.
Selamat tinggal. Semoga kita masih diberi waktu untuk bertemu lagi lain kali.

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post