Suatu hal yang sering menjadi bahan perdebatan mengenai model belajar yang bagaimana yang sesuai dengan siswa ternyata sangat relatif sekali sehingga banyak sekolah yang terus mengkaji kembali sistem pengajaran klasik dikelas dengan siswa duduk sidakeup (tangan diatas meja dan diam tidak boleh berisik) kemudian menerima transfer ilmu yang sedikit basi dengan kekinian karena seandainya gurunya senang bernostalgia terkadang banyak contoh belajar jaman baheula lalu diceritakan pada anak sekarang dan begitu menjenuhkan siswa dan tidak bisa meningkatkan kompetensi siswa secara maksimal, sehingga bermunculan stigma masyarakat terhadap cara beljar klasikal ini seperti home schooling yang memperhatikan kemandirian dan improvisasi siswa dan kebebasan belajar kapan dan dimana saja, atau sekolah alam yang memadukan sistem pembelajaran yang lekat dengan suasana alam dan siswa bukan hanya mendengar tapi melakukan langsung.
Fun learning mencoba menciptakan suasana belajar yang menarik dan bahagia sesuai dengan kondisi anak dan jelas ini membutuhkan keterpaduan antara kurikulum, guru dan fasilitas serta kondisi sosial budaya siswa...?
Fun learning mencoba menciptakan suasana belajar yang menarik dan bahagia sesuai dengan kondisi anak dan jelas ini membutuhkan keterpaduan antara kurikulum, guru dan fasilitas serta kondisi sosial budaya siswa...?
Post a Comment