Latest News

Thursday, March 26, 2009

Beasiswa Depdiknas Bagi Dosen S2 dan S3 Luar Negeri Tahun 2009

Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran beasiswa S2 dan S3 luar negeri untuk tahun 2009, bagi dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap PTS di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Beasiswa untuk program S2 selama 2 tahun, dan program S3 selama 3 tahun.
Dalam rangka peningkatan mutu dosen, Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi membuka pendaftaran beasiswa S2 dan S3 luar negeri untuk tahun 2009, bagi dosen tetap PTN, dosen DPK dan dosen tetap PTS di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Beasiswa untuk program S2 selama 2 tahun, dan program S3 selama 3 tahun.
Pendaftaran dan seleksi dilakukan dalam 3 tahap:
- Tahap I: pendaftaran ditutup tanggal 28 November 2008, dan seleksi direncanakan pada bulan Desember 2008;
- Tahap II: pendaftaran ditutup tanggal 27 Februari 2009, dan seleksi direncanakan pada bulan Maret 2009;
- Tahap III: pendaftaran ditutup tanggal 29 April 2009, dan seleksi direncanakan pada bulan Mei 2009.
Setiap pelamar melengkapi:
1. Form A dari Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang telah diisi;
2. Letter of Acceptance dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
3. Fotocopy ijasah S1 bagi pelamar jenjang S2 dan S2 bagi pelamar jenjang S3;
4. Bukti kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS), Jerman, Perancis, Jepang atau bahasa lain, sesuai tempat studi (tidak lebih dari dua tahun terakhir);
5. Khusus untuk pelamar S3 melampirkan rencana riset yang telah disetujui calon pembimbing di luar negeri;
6. Surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi.
Bagi mereka yang sedang studi di luar negeri, pendaftaran dilakukan melalui perguruan tinggi tempat bekerja (diberi pengantar oleh pimpinan perguruan tinggi, baik secara individual atau kolektif), dengan kelengkapan:
1. Seperti butir 1, 3 dan 4 tersebut di atas;
2. Laporan kemajuan studi yang diketahui/disahkan oleh pembimbing
3. Rencana penyelesaian studi.
Bagi pelamar beasiswa tahun 2008 yang belum mendapatkan beasiswa, perlu memperbaharui lamaran dengan kelengkapan:
1. Form A dari Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi yang telah diisi dengan data terbaru;
2. Kelengkapan lain sesuai dengan posisi masing-masing (masih belum berangkat atau sedang studi di luar negeri) yang pada tahun 2008 belum atau kurang lengkap. Untuk memudahkan, diharapkan mengirim copy baru dari kelengkapan tersebut.
Berkas pendaftaran dikirim ke alamat:
Direktur Ketenagaan
Gedung D Lantai 5 Komplek Depdiknas
Jalan Jenderal Soedirman Pintu I - Senayan, Jakarta 10270
Telp./Faks : (021) 57946052/53
Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
a.n. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
Direktur Ketenagaan
Ttd
Muchlas Samani
NIP. 130516386

Wednesday, March 25, 2009

FULBRIGHT

FULBRIGHT
PROGRAMS FOR 2009 - 2010 STUDY YEAR
AMERICAN INDONESIAN EXCHANGE FOUNDATION (AMINEF)

FULBRIGHT PROGRAMS
The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), established in 1992, is a bi-national non-profit foundation that administers the Fulbright Program in Indonesia. Fulbright and related programs through AMINEF annually award more than 160 scholarships to Americans and Indonesians to study, teach, or conduct original research in a variety of disciplines. Please consult the AMINEF website (www.aminef.or.id) or periodic announcements and leaflets for specific program requirements, criteria for selection, and application deadlines. Grants are competitive, comprehensive, and generally cover tuition and fees, textbook allowance, monthly maintenance, international airfare, and health insurance.

PROGRAMS FOR INDONESIANS

General Program Description

The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) annually offers Fulbright scholarships to study in the United States. The primary focus of the Fulbright Program in Indonesia is to promote mutual understanding between the Republic of Indonesia and the United States of America through educational exchange and academic scholarship. Fulbright scholarships are available to Indonesian citizens with the appropriate qualifications as stipulated in the program descriptions listed below.

General Requirements for All Programs :
�Leadership qualities
�A good understanding of Indonesian and international cultures
�A demonstrated commitment to the chosen field of study
�A willingness to return to Indonesia upon completion of the Fulbright program.

Please note : Clear and concise written a Study Objectives and Research Proposals are extremely important factors in being considered for all Fulbright Programs.

Important Required Testing Information

Degree student candidates must take the Graduate Record Examination (GRE for all fields except Law and Business) or Graduate Management Admission Test (GMAT for business administration, finance, accounting) if they are selected. It is recommended that applicants begin to familiarize themselves with the above test.

Fulbright Student Program Alumni
Fulbright student program alumni are not eligible to apply to get a second student grant.

MASTER�S DEGREE PROGRAMS

Fulbright Master�s Degree Program
Preference will be given to applicants who serve as faculty members of state or private institutions of higher education in Indonesia. However, all qualified individuals are eligible to apply.

Applicants will possess:
�A Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.00 (4.00 scale)
�A minimum TOEFL score of 550

Deadline: May 31, 2009

Fulbright-Freeport Master�s Degree Program
Preference will be given to Indonesian citizens from Papua who are faculty members at state or private institutions of higher education.

Applicants will possess:
�Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.00 (4.00 scale)
�A demonstrated commitment to the development and service of Papua
�A minimum TOEFL score of 500

Deadline: May 31, 2009

Ph.D. PROGRAM

Fulbright Presidential Scholarship Program (Ph.D. Program)

This open competition is for applicants who serve or plan to serve as faculty members of state or private institutions of higher education in Indonesia.

Applicants will possess:
�Master�s degree with a minimum GPA of 3.00 (on a 4.00 scale)
�A determination to take up academic positions in higher education upon their return
�A minimum TOEFL score of 575. A score of 550 will be considered for certain fields

Deadline: May 31, 2009

RESEARCH PROGRAM

Fulbright Doctoral Dissertation Research Program

This research grant is intended to provide U.S. research opportunities to Indonesian university doctoral candidates who are in the final stages of writing their dissertation. The grant duration is for a period of three to six months. Applicants should have a minimum TOEFL score of 575 to participate in this program.

Deadline: May 31, 2009

OTHER PROGRAMS

Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals

Hubert H. Humphrey fellowships enable Indonesian mid-career professionals to participate in non-degree programs that combine academic coursework at the graduate level with professional development activities in the U.S. for a perioed of one academic year (9 months). Candidates are typically administrators in leadership positions with a minimum of five years of work experience who represent either the public or non-profit private sectors, including Non-Governmental Organizations (NGO�s) who are committed to public service.

Applicants will possess:
�Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 2.75 (4.00 scale)
�A minimum TOEFL score 525.

Deadline: May 31, 2009

Fulbright Visiting Specialist Program

The Fulbright Visiting Specialists Program provides grants for Indonesian scholars and practitioners to conduct intensive three to six week programs of teaching, lecturing and public outreach on topics in Islamic civilization and developments in the Muslim world. Ideal applicants are scholars or practitioners with outstanding records of academic, professional, community service, the ability to address topics in Islamic civilization in addition to teaching in their own disciplines and about Indonesia, the ability to communicate effectively and diplomatically in English and the desire to serve as a cultural ambassador. The program does not support research and provides no time for the participants to pursue personal projects. Participants may be in fields of Islamic and area studies, political science, international relations, business and economics, history, women�s studies, journalism, sociology, religion, literature, anthropology, and the arts.

Deadline: May 31, 2009

International Fulbright Science and Technology Award for Ph.D. Study

The AMINEF is pleased to announce the availability of approximately 40 awards to be competed worldwide under the aegis of International Fulbright Science and Technology Award for Ph.D. study at top U.S. institutions in science, technology, or engineering for the 2008 - 2009 academic year matriculants. Fulbright scholarships for this particular program are available to Indonesian citizens with the appropriate qualifications as stipulated below.

Applicants will possess:
�A Bachelor and/or Master�s degree with a minimum GPA of 3.0 (on a 4.00 scale)
�Undergraduate students who will complete the degree before August 1, 2008 may also apply
�A minimum TOEFL score of 580 at the time of application
�A minimum GRE quantitative score of 700 (GRE test will be required if selected for nomination)

Deadline: April 15, 2009

FULBRIGHT FOREIGN LANGUAGE (BAHASA INDONESIA)TEACHING ASSISTANT (FLTA) PROGRAM

Applicants must be English language teachers or currently in training to become an English language teacher and must be able to demonstrate a commitment to English language teaching upon return to Indonesia following the award. The program is for one academic year (9 months) and requires the grantee to teach Indonesian language and culture in the U.S. for 20 hours per week and to enroll in at least two U.S. Studies and/or ESL methodology classes per semester under a full tuition waiver.

Applicants who are no older than 29 years of age at the time of application will possess:
�a Sarjana (S1) degree with a minimum GPA of 3.0 (4.00 scale)
�a minimum TOEFL score of 550.

Deadline: May 16, 2009

Priority Disciplines

Fulbright Programs : All disciplines and fields of study are eligible for a Fulbright award as indicated. The Fulbright Program is eligible in some programs to sponsor foreign medical doctors only, if they are engaged in observation and research, NOT in patient care or medical training.

The Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals : Agricultural Development/Agricultural Economics; Communications/Journalism; Economic Development; Administration; Technology Policy and Management; Public Policy Analysis and Public Health Policy and Management (including HIV/AIDS policy and prevention; drug abuse education, treatment, and prevention. Researchers, treatment providers, prevention specialists, and program planners at governmental or non-governmental organizations will also be considered for this award).

HOW TO APPLY
Candidates should complete the appropriate application forms and return them to AMINEF by the application deadline. Forms are available either by mail, in person at the AMINEF Office, Gedung Balai Pustaka, 6th floor, Jl. Gunung Sahari Raya 4, Jakarta 10720, or via the AMINEF Website at the following URL: www.aminef.or.id. Please return to AMINEF your complete application package by the application deadline that includes : - Completed application form. This includes a clearly written and concise study objective. - Copy of your most recent, less than two years old, TOEFL score report. - One letter of reference, either from your current employer or previous lecturer. - Copy of academic transcript and diploma (English translation). - Copy of identify document (KTP or passport).

CONTACT INFORMATION
Specific questions regarding the application process are accepted via e-mail at the following address : infofulbright_ind-at-aminef.or.idThis e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

The PDF form can be downloaded here:

* 2010 Fulbright Application Form
* 2010 Humphrey Letter of Reference
* FLTA Reference Letter
* Fulbright Reference Letter

Kenapa Jurusan IPS Gak ada Prakteknya?

Dewasa ini, telah menjadi hal yang lumrah, jikalau jurusan IPA sering dianggap lebih unggul dibanding jurusan IPS. Hal ini disebabkan oleh pelajaran yang dipelajari di IPA cenderung lebih tinggi beberapa tingkat dibanding IPS. Mungkin karena hal itu juga, pelajaran IPA pun selalu dilengakapi dengan fasilitas Laboraturium untuk praktek. Apakah hanya pelajaran IPA (Biologi, Fisika, Kimia) saja yang membutuhkan praktek? Apakah pelajaran IPS (Ekonomi, Geografi, Sosiologi) tidak butuh praktek?

Mungkin hal ini yang menyebabkan IPS dibilang jurusan hapalan (yang gak aplikatif). Hahaha.... mereka salah besar. Emangnya Biologi gak hapalan? Sebenarnya kedua jurusan di atas sama-sama membutuhkan praktek. Tapi sayangnya masih banyak pihak yang belum sadar tentang perlunya fasilitas praktek untuk jurusan IPS (Bahkan anak IPS itu sendiri). Mungkin dalam benak kita masih bertanya-tanya, emang IPS prakteknya ngapain? Tenang saja saya akan sebutkan sedikit saran saya untuk pihak sekolah agar anak IPS juga bisa dapet fasilitas untuk praktek.
  1. Bank Mini. Sebenarnya usul saya dapatkan dari guru sejarah saya (Pak Adi). Disana siswa-siswi bisa menyimpan uang mereka, lalu yang melakukan pengelolaan adalah siswa-siswa terpilih dari jurusan IPS. Selain bisa mempraktekkan pelajaran Akuntansi mereka, mereka juga bisa saling berkompetisi untuk mendapatkan jabatan sebagai pengurus Bank Mini
  2. Study Tour. Mungkin kita pernah melakukan Study Tour ke desa-desa nun jauh disana. Nah, yang saya maksud disini tuh bukan Study Tour yang jauh-jauh, banyak makan biaya dan waktu itu. Tapi study tour hemat dan cermat. Misalnya satu kelas dilepas di suatu terminal untuk mengamati interaksi masyarakat disana. Terus mereka disuruh untuk bisa mendapatkan data-data tentang masyarakat di terminal tersebut. Nah, kepakekan tuh ilmu sosiologinya.
  3. Jualan di Sekolah. Saya agak kurang suka melihat beberapa oknum di sekolah yang tidak suka muridnya berjualan di sekolah. Padahal ini akan menghasilkan jiwa-jiwa marketer yang nantinya akan dibutuhkan dalam dunia kerja. Nah, kalo yang ini gabungan antara ekonomi sama sosiologi.
  4. Memberikan tugas tentang kehidupan sehari-hari. Contohnya kalau geografi, buat sensus penduduk di RT kamu! Terus kalau ekonomi, buat laporan pengeluaran uang jajan kamu selama sebulan! Atau kalau sosiologi, sebutkan contoh perilaku menyimpang yang ada di lingkunganmu dan apa penyebabnya? Tugasnya lebih menantang kan? Daripada cuman disuruh ngerjain soal yang udah ada isinya di buku, mendingan saya baca buku aja daripada nyalin lagi. Betul gak?
Intinya jurusan IPA atau IPS sama saja. Tidak ada yang lebih tinggi satu sama lain. Tergantung dari minat dan bakat kita. Saya berpesan untuk teman-teman saya anak IPA, manfaatkan laboratiummu sebagai tempat untuk membuktikan ilmu yang kalian dapat dari buku. Jangan sia-siakan fasilitas yang sudah sekolah berikan. Terus buat anak IPS saya berpesan untuk terus berinovasi agar bisa merubah paradigma sebagian orang tentang jurusan IPS. Perjuangkan terus apa yang seharusnya menjadi hak kita! Gimana temen-temen, Ada usul lain gak?

Tuesday, March 24, 2009

BANGKITLAH WAHAI GURU

Abstrak

Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan kewajibannya sebagaimana amanah Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 40 ayat 2 yaitu guru harus mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, memberi teladan, menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

______________________________________________________________________

Bahwa pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan beradab berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Jika kita melihat Indeks Pembangunan Manusia(IPM) Indonesia 2007-2008 masih bertengger di posisi 107 dari 177 negara. Vietnam dan Jamaika, dua negara yang memiliki potensi sumber daya manusia dan alam yang lebih kecil, mampu mengungguli Indonesia. Secara umum penilaian itu juga mewakili kondisi riil dari kualitas sumber daya manusia Indonesia, yang masih berada di atas 100. Pemeringkatan ini juga menjadi sebuah cermin adanya kegagalan dalam pembangunan manusia Indonesia.(Fathoni Moehtadi, Asdep Urusan pemberdayaan SDM Kementerian Ristek, dirilis Media Indonesia 29 mei 2008).

Mentalitas Guru

Disisi yang lain, guru sebagai tenaga pendidik yang seharusnya melaksanakan kewajibannya sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS pasal 40 ayat 2 yaitu komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, memberi teladan, menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya, justru menjadi penghambat mutu pendidikan serta tidak dapat memberi contoh yang baik bagi siswanya.

Keputusan Mendiknas Bambang Soedibyo memidanakan para guru yang terlibat kasus pembocoran soal ujian Nasional ( UNAS) mendapat tanggapan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat itu Jimly Asshiddiqie. Meski niatnya baik, tindakan membocorkan soal adalah tindakan salah, selanjutnya Jimly menganjurkan guru untuk introspeksi soal akhlaq dan perilaku guru ( Jawa Pos, 26 Mei 2008).

Tindakan guru dan kepala sekolah membocorkan soal ujian kepada siswanya merupakan tindakan bodoh, meskipun dengan alasan adanya tekanan dari kepala sekolah dan kepala dinas terkait prosentasi kelulusan siswa di daerah tersebut atau alasan kasihan siswa jika tidak lulus. Sebab kalau ditelusuri tindakan tersebut membawa dampak yang besar bagi peningkatan mutu pendidikan bangsa hususnya dan menghambat kemajuan bangsa umumnya. Karena kemajuan bangsa indonesia kelak tergantung dari kejujuran, kemandirian dan tanggungjawab generasi mudanya yang kelak akan memimpin bangsa ini.

Profesionalisme guru dalam mengikuti sertifikasi juga patut dipertanyakan. Kecurangan-kecurangan guru dalam penyusunan portofolio demi mendapatkan sertifikat sering diperbincangkan dalam seminar, berita media cetak atau elektronik. Kalau tidak seperti itu mereka mengikuti sertifikasi dengan malas-malasan. Mereka beranggapan, mengapa harus repot menyusun portofolio, mengikuti workshop dan seminar, karena jika tidak lulus melalui portofolio masih bisa mengikuti jalur PLPG (Pendidikan latihan Profesi Guru), apalagi jalur tersebut terkesan memanjakan peserta karena tempat penyelenggaraannya dilaksanakan di hotel dan semua fasilitas gratis.lagi. � pemikiran seperti ini kan salah, seharusnya mereka bangga bisa lulus melalui portofolio, bukan menunggu diklat untuk lulus. Selain itu anggaran pemerintah akan membengkak� ujar Dirjen PMPTK Depdiknas achmad Dasuki. (Jawa Pos 9 Desember 2008)

Pentingnya Peran Guru

Mengingat guru mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan nasional dalam bidang pendidikan, maka guru harus memperhatikan dan menerapkan kode etik guru diantaranya guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional, karena apapun perkataan, dan prilaku guru akan dilihat dan diperhatikan siswanya. Jika guru suka berlaku kasar dan suka menampar, maka pasti siswanya suka tawuran. Jika guru sering tidak jujur, maka siswanya pasti senang berbohong. Ibaratnya guru kencing berdiri murid kencing berlari.

Maka tiada kata lain wahai guru Indonesia mari bangkit dengan terus menerus meningkatkan kualifikasi, komitmen dan kompetensi baik pedagogis, kepribadian, sosial maupun profesional. Guna membangun bangsa ini menuju masa kemajuan dan kejayaannya.

By

Mudzakkir Hafidh

Guru SD Islam Raudlatul Jannah

Pepelegi Waru Sidoarjo

Friday, March 20, 2009

Jangan Mau Jadi Pegawai

Mungkin sebagian besar anak SMA dan anak Kuliah ingin sekali kerja di tempat yang enak, dengan jabatan yang tinggi, serta gaji yang tinggi pula. Mereka juga pasti akan mencari jurusan yang berpeluang besar mendapatkan pekerjaan dengan kriteria di atas. Apakah benar semua orang ingin jadi pegawai? Terus yang mau bayar kita siapa dong? Makanya rubah pemikiran kita tentang pekerjaan.

Pekerjaan itu tidak selalu menjadi pegawai dan cara mencari pekerjaan pun tidak hanya melamar pekerjaan. Gue sering lihat nih banyak orang yang pontang panting nyari kerja, keliling jakarta, beli koran (buat ngelihat lowongan pekerjaan) tapi hasilnya seringkali kurang memuaskan. Menurut gue pribadi ada beberapa alasan yang bikin gue bahkan anda pembaca gak mau jadi pegawai:
1. Kesempatan kerja yang semakin lama semakin sedikit
2. Sulit untuk berkembang (palingan cuma naik jabatan, itu juga prosesnya lama)
3. Mematikan kreatifitas (Improvisasi kita sering dibatasi boss)
4. Gak tahan sama boss (apalagi kalo bossnya galak)
5. Bikin bosen (karena kita menjalani rutinitas yang hampir sama setiap harinya)

Gimana? Masih mau jadi pegawai? Ayolah sudah saatnya kita beralih menjadi wirausahawan. Come on Friend!!!

Tuesday, March 17, 2009

Pendidikan Nasional VS Pendidikan Internasional

Sebagian dari kita masih rancu membedakan antara pendidikan internasional dan sekolah internasional. Di antara pendapat yang berkembang menyebut bahwa pendidikan internasional itu berciri khas seperti: Guru-gurunya adalah orang�orang asing, yang dalam kegiatan belajar-mengajarnya menggunakan bahasa Internasional. Lalu, kurikulumnya menggunakan kurikulum asing, seperti Singapore Curriculum, Australian Curriculum, dan yang semisal dengan itu. Sebenarnya, standar pendidikan internasional bukan sekadar pendidikan yang menggunakan tenaga pengajar asing dan harus berbahasa internasional. Itu, sekadar kulitnya. Pendidikan internasional harus dimaknai sebagai pendidikan yang menjadikan anak didik dapat berpikir secara terbuka, berwawasan luas, mengetahui dan memahami issue internasional (open and international minded). Maksud international minded adalah bahwa �sekarang dan kelak- para anak didik (akan) menjadi manusia yang 'berwarga-negara internasional' (dikenal dengan istilah global citizen), dimana kelak mereka mempunyai kemampuan berdaptasi untuk hidup bersama sebagai bagian warga dunia yang menjunjung tinggi nilai kedamaian dan kemanusiaan, saling menghormati terhadap berbagai perbedaan baik ras, suku. dan agama, serta mempunyai kesiapan baik keilmuan maupun pengalaman dalam mengarungi kehidupan global dengan landasan spiritual yang kuat. Jadi, pendidikan internasional bukan sekadar kulit belaka, namun lebih pada esensi yang terletak di dalamnya yaitu di aspek pembelajarannya.
Dalam pendidikan internasional, kurikulum yang diterapkan boleh-boleh saja kurikulum nasional, seperti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, tetapi di dalamnya disisipkan pendidikan untuk ber-internasional. Artinya, anak didik diberi pendidikan tentang hidup dalam suasana damai di dunia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dalam four pillars of education in UNESCO, ada empat dasar pendidikan, yakni: Learning to know (belajar untuk mengetahui); Learning to do (belajar untuk bertindak); Learning to be (belajar untuk menjadi seseorang yang bermanfaat); dan Learning to live together (belajar untuk hidup bersama dengan sesama dengan landasan saling menghormati dan saling menghargai). Pertanyaannya sekarang adalah apakah sistem pendidikan kita sudah mengacu ke sana? Apakah dengan dicanangkannya kurikulum baru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, kelak akan muncul manusia Indonesia yang berbudi luhur dan berpikiran global? Semua ini menjadi PR (pekerjaan rumah) kita bersama. Perguruan Islam Raudlatul Jannah, sebagai sebuah Lembaga Pendidikan, sadar akan adanya perubahan ini. Bahwa siswa perlu penambahan wawasan menyeluruh sedemikian rupa dasar keagamaannya yang kuat dapat lebih kukuh dengan diberikannya pengetahuan global dan ketrampilan hidup, sehingga mereka mampu menjadi bagian dan sekaligus mengambil sejumlah peranan dari komunitas dunia, dengan tetap memegang teguh nilai dan norma agama, hukum, dan moral. Intinya, di titik ideal, kemampuan belajar (learning skill) siswa yang dikembangkan dari setiap potensi dan kefitrahan yang mereka bawa sejak lahir tidak hanya bertumpu pada thinking skill (ketrampilan berfikir) saja -sebagaimana misi diadakannya Ujian Nasional (UNAS)-, namun seluruh potensi dan keunikan siswa harus terus dikembangkan melalui spiritual skill (kemampuan dalam menjalankan perintah agama), social skill (kemampuan berintraksi sosial), comunication skill (kemampuan berkomunikasi dengan baik), research skill (kemampuan mengadakan penelitian secara sederhana) dan problem solving skill ( kemampuan untuk dapat mencari sebuah solusi yang cerdas terhadap segala permasalahan sesuai dengan peran masing-masing).

Monday, March 16, 2009

Banyak guru yang salah memotivasi siswa dalam menghadapi UNAS (Ujian Nasional). Sampai-sampai �membinatangkan� siswa

Hidayatullah. com�Banyak orangtua dan guru salah memotivasi para siswa. Bahkan tidak memanusiakan mereka. Demikian peryataan trainer dan konsultan pendidikan, Muhammad Fauzil Adhim mengawali seminar merancang motivasi siswa di Gedung Diknas Surabaya.

There is no instant motivation (tidak ada motivasi yang cepat), yang dapat meng-install otak siswa, ujar Fauzil Adhim mengawali acara yang dihadiri sekitar 200 peserta itu.

Menurutnya perilaku instan hanya berlaku untuk mie atau makan siap saji, sedangkan memotivasi siswa diperlukan waktu yang kontinu dan trik khusus. Tidak asal memotivasi. Salah satunya, sinkronisasi isi dan gesture dalam memotivasi. Sebab, menurutnya komunikasi 80 persen dipengaruhi oleh gerak tubuh atau gesture.

�Bayangkan, jika Anda memotivasi, dengan suara rendah serta tanpa gesture, tentunya sangat membosankan bagi siswa� ujar Fauzil dengan suara lantang.

Dalam acara yang diselengarakan oleh Majalah Hidayatullah ini, penulis buku-buku parenting ini mengatakan bahwa banyak guru yang salah dalam memberi motivasi pada siswa. Sehingga yang terjadi bukannya murid berubah, malah sebaliknya siswa tidak mengalami perubahan signifikan. Dalam kasus UNAS, misalnya, guru sering memotivasi siswa dengan cara menjadikan UNAS sebagai �monster�.

UNAS dijadikan sebagai tolok ukur kesuksesan dan segalannya bagi siswa. Sehingga, guru mem-pressure siswa untuk belajar dengan sangat keras hanya untuk nilai. Hal ini, menurut Fauzil tidak akan membuat siswa semangat menghadapi ujian, justru akan takut.

Selain itu, waktu siswa hanya terporsir untuk belajar dan belajar tidak ada waktu untuk refresing. Beda halnya jika memotivasi dengan merubah paradigma siswa. �Jadikan UNAS sebagai ajang untuk berprestasi bukan untuk ditakuti,�tuturnya. Fauzil menyayangkan, banyak guru atau orang tua siswa yang mengkarantina siswanya , setiap waktu mendekati UNAS dengan menyuruhnya belajar dan belajar sehingga menyita waktu refresing dan lainnya.

�Bedakan, antara siswa dan binatang, jika hewan dikarantina, sedangkan siswa tidak,� ujarnya.

Selain masalah UNAS, menurut Fauzil, guru juga sering merusak motivasi intrinsik (intrinsic motivation) siswa. Guru sering memotivasi siswa dengan memuji. Atau menyuruh anak berprestasi karena bakal mendapat tepuk tangan dan pujian, memperoleh masa depan yang cerah atau menjadi orang hebat. Padahal, menurutnya bentuk motivasi itu hanya akan menjadikan siswa menjadi riya dan sum�ah. Selain merusak, motivasi itu tidak permanent dan berbahaya. Sebab, bisa merapuhkan mental siswa. [ans/www.hidayatullah. com]

Wednesday, March 11, 2009

PAK GURU SIAPKAH BERSAING DENGAN INTERNET?

PESATNYA arus globalisasi serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)saat ini menuntut perubahan sikap dan pola pikir guru. Sebab, peran guru saat ini makin tersaingi dengan keberadaan internet dan televisi. Sekolah melalui gurunya harus bisa menjadi lembaga yang tidak sekadar transfer ilmu, tetapi juga nilai-nilai luhur.
Demikian benang merah imbauan yang disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf saat menjadi pembicara keynote dalam Kuliah Umum yang diselenggarakan Majalah Guruku, Selasa (10/3) di Sabuga. Kegiatan yang diadakan cuma-cuma ini diikuti sekitar 1.500 guru se-Bandung Raya.
Menurutnya, internet dan televisi sebetulnya merupakan alternatif sumber belajar. Namun, pada kenyataannya, tidak jarang ini menggeser peran guru sebagai penyampai ilmu. "Saya terkejut anak saya yang baru berumur 8 tahun sudah pandai buka-buka website. Ditanya dia ikut les atau tidak, ternyata dia jawab tidak," tuturnya.
Dari pengalaman ini muncul pesan, internet dalam wadah TIK merupakan sumber yang luas untuk belajar. Jika guru tidak memutakhirkan dirinya terhadap perkembangan TIK, ucapnya, maka daya saing bangsa akan kian tertinggal. "Ke depan kan bakal banyak guru-guru asing mengajar di Indonesia, khususnya Jabar. Yang saya khawatirkan, justru mereka berasal dari Negara Jiran. Ini adalah tantangan."
Fenomena situs jaringan pencari kawan macam Friendster dan Facebook, ucapnya makin menegaskan fenomena masyarakat digital. Dalam konsep ini, masyarakat bagaikan sebuah keluarga besar yang melintasi batas wilayah dan saling aktif bertukar informasi. Sekolah, ucapnya, merupakan benteng untuk menyaring budaya global yang tidak sesuai budaya lokal. Di sinilah sekolah berperan sebagai lembaga transfer nilai.
Dalam kuliah umum, Kepala Subbidang Penghargaan dan Perlindungan Guru Direktorat Jenderal Depdiknas RI Dian Mahsnah mengatakan, guru sejatinya tetap kunci dalam proses pembelajaran. Namun, sebagai agen perubahan, guru dituntut harus mampu melakukan validasi-memperbaha rui kemampuannya, sesuai dengan tuntutan zaman agar tidak tertinggal.
Krisis guru idola
Menyinggung soal masih banyaknya guru yang gagap teknologi, menurutnya, hal ini lebih disebabkan karena faktor individu, enggan memperbaiki diri. Dengan adanya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), guru sebetulnya dituntut lebih memberdayakan TIK untuk proses pembelajaran bermutu. Demikian diucapkannya.
Hal yang tidak kalah penting adalah membiasakan mengajar dengan menyenangkan. Dengan demikian, pembelajaran menjadi semakin menarik bagi siswa. Berdasarkan survei yang disampaikannya, saat ini tengah terjadi krisis guru idola di Indonesia. Tingkat kepanutan guru di mata siswa hanya 58 persen. Kalah jauh dibandingkan tingkat panutan orangtua (90 persen), bahkan sesama teman sebaya (88 persen).
Menurut Pemimpin Redaksi Majalah Guruku Ismed Hasan Putro, guru merupakan penentu peradaban suatu bangsa, ujung tombak pendidikan. Selayaknya, anggaran 20 persen untuk pendidikan, 40 persennya diarahkan untuk perbaikan kesejahteraan guru. Demikian dikatakan Ketua Masyarakat Profesional Madani ini.

http://kesehatan. kompas.com/ read/xml/2009/ 03/10/20241954/ pak.guru.siapkah. bersaing. dengan.internet

Tuesday, March 10, 2009

ABSEN DULU


Selama kurang lebih tiga minggu saya harus berada di Pusat Pendidikan dan Latihan Watukosek, Gempol, Pasuruan. Disana, saya tidak akan mungkin menemukan komputer. Apalagi internet. Untuk itu saya absen dulu dari memposting tulisan - tulisan saya di blog yang saya rindukan selalu ini.
Berat rasanya harus meninggalkan rumah. Meninggalkan istri saya, kedua anak - anak saya yang masih kecil - kecil selama sekian hari itu. Berat sekali rasanya harus meninggalkan blog ini. Saya biasa duduk di depan komputer selama berjam - jam. Dan kini, saya harus berada di sebuah tempat yang saya tidak bisa berinteraksi dengan istri, anak dan komputer sama sekali. Namun, apakah saya tidak perlu berangkat karena semua itu?
Saya membaca di dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People karangan Stephen Covey bahwa dalam esseinya yang berjudul "The Common Denominator of Success," E. M. Gray menulis: "The successful person has the habit of doing the things failures don't like to do,They don't like doing them either necessarily. But their disliking is subordinated to the strength of their purpose." Kalau diartikan: "Orang sukses mempunyai kebiasaan mengerjakan hal - hal yang tidak suka dikerjakan oleh orang gagal, mereka mungkin juga tidak suka mengerjakannya. Namun, ketidaksukaan mereka tunduk pada kekuatan tujuan mereka"
Memang berat untuk meninggalkan rumah selama itu. Apalagi jika anda memiliki istri dan anak - anak yang sangat anda cintai. Namun saya sadar bahwa kepergian saya selama tiga minggu itu akan membawa manfaat yang besar bagi saya dan keluarga saya. Maka, meskipun saya tidak suka, saya harus belajar untuk menjalaninya. Saya mendapatkan banyak manfaat dengan berselancar di dunia internet yang seakan tak berbatas. Dan saya yakin, saya akan mendapatkan manfaat - manfaat lain di Watukosek.
Selamat tinggal. Semoga kita masih diberi waktu untuk bertemu lagi lain kali.

Monday, March 9, 2009

DILARANG PROTES!

www.bam.gov

Trust! Kepercayaan adalah unsur paling penting yang harus ada dalam hubungan murid dengan guru. Jika murid tidak memiliki kepercayaan yang bulat dan mendalam kepada gurunya, maka sebaik apa pun kemampuan guru menguasai materi, tak akan berpengaruh banyak pada keberhasilan pendidikan. Murid mungkin menguasai mata pelajaran dengan baik, tetapi ia tidak berhasil membangun jiwanya. Kualitas pribadinya tidak berkembang dan ketaatannya pada nilai-nilai yang dibangun oleh guru hanya berlaku selama guru tersebut masih memiliki kekuatan. Ini berarti peserta didik �para murid�tidak berhasil mengembangkan sikap sami'na wa atha'na (kami dengar dan kami taat), melainkan ketidakberdayaan. Sesungguhnya, ketundukan pada perintah itu ada bermacam-macam jenisnya. Pertama, taat karena percaya dan mengilmui apa-apa yang diperintahkan kepadanya. Mereka inilah yang mengambil sikap sami'na wa atha'na. Kedua, taat karena percaya penuh disertai pengabdian yang bulat tanpa mengilmui apa-apa yang dikerjakannya. Mereka inilah orang-orang yang taklid. Kedua, taat karena tidak berani melawan. Ilmu tak ada, kepercayaan rendah, pengabdian pun tak ada. Mereka inilah orang-orang yang tak berdaya. Dan sesungguhnya ketundukan yang timbul semata karena ketidakberdayaan merupakan ancaman yang sewaktu-waktu bisa meledak dan melemahkan setiap sendi kebaikan. Terlebih ketika orang tak bisa membedakan mana ketaatan yang diil-mui, mana taklid dan mana ketidakberdayaan.

Wallahu a'lam bish-shawab.

Karena itu, agar anak-anak yang mewarisi masa depan ini mampu menjadi pemimpin yang mendasarkan pada kebenaran, bertumpu pada Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan keper-cayaan yang mutlak, mereka harus memperoleh pengalaman pendidikan yang di dalamnya terdapat iklim kepercayaan yang kuat terhadap guru. Mereka kita siapkan dalam lingkungan yang memiliki penghormatan dan adab yang tinggi terhadap guru.

Menancapnya kepercayaan yang kuat dalam dada setiap murid �bukan sekedar siswa� akan melahirkan dorongan untuk melihat, mendengar, meniru dan menghayati setiap tutur dan perilaku guru. Mereka memiliki sikap positif terhadap guru, mencintainya dan menjadi-kannya sebagai figur teladan. Jika guru mengembangkan hubungan yang hangat dan empatik, maka para murid akan mengarahkan diri mereka masing-masing untuk siap memperhatikan dan mematuhi setiap yang mereka dengar dari gurunya. Ini berarti, sekiranya guru tidak me-miliki keterampilan mengajar yang memadai, sementara kualitas pribadi sebagai figur yang layak diteladani dan dipercaya mampu menjalin kedekatan emosi dengan murid, maka pro-ses pembelajaran dan pendidikan akan tetap berlangsung efektif. Kata-kata guru akan tetap berpengaruh kuat pada diri murid meski suara mereka lemah dan cara penyampaiannya tidak atraktif.
Artinya, mengajar (ta'lim) sebagai proses transfer ilmu hanya bagian permukaan dari keseluruhan kegiatan mendidik di sekolah.

Jika ini terjadi, insyaAllah guru mampu mengelola para muridnya di kelas secara man-diri dan efektif. Tidak perlu dua orang guru untuk mengelola satu kelas yang terdiri dari 40-50 orang murid di dalamnya, sekalipun untuk SD kelas bawah yang rata-rata usia muridnya masih berada pada rentang 6-8 tahun.

Apa jumlah murid sebanyak itu tidak menciptakan keributan? Jawabnya sederhana. Jika kelas tidak efektif, 24 murid dengan 2 guru sekalipun tetap menghasilkan kegaduhan. Seba-liknya kelas besar yang efektif akan menciptakan iklim pembelajaran yang sangat kondusif dan dinamis. Chua Chu Kang, sebuah sekolah dasar di Singapura menerapkan pembelajaran kelas besar dan hasilnya... luar biasa, baik dari segi karakter maupun kompetensi.

Artinya, bukan rasio guru-murid yang menjadi faktor penentu utama keberhasilan kelas. Rasio guru-murid 1:10 tidak menunjukkan kualitas apa pun bagi sebuah sekolah jika guru ti-dak memiliki kemampuan dipercaya (trustworthiness) yang tinggi dan kualitas hubungan yang hangat. Sama seperti laboratorium bahasa atau komputer, kehadirannya tidak serta merta men-jadikan sekolah memiliki kualifikasi tinggi jika perubahan fisik tidak disertai dengan perubah-an paradigma dan cara berpikir.

Itu sebabnya, perlu kerjasama yang baik antara guru dan orangtua agar setiap murid me-miliki tingkat kepercayaan (trust) tinggi pada guru. Sebagaimana murid, para orangtua juga harus menjalani, menghormati dan menjaga adab sebagai orangtua murid terhadap guru se-laku murabbir ruh (pendidik dan penata jiwa) serta sekolah sebagai lembaga yang menyiapkan para murid untuk menjadi orang yang berilmu, gemar mencari ilmu, suka beramal shalih dan memiliki rasa tanggung-jawab untuk senantiasa mengingatkan saudaranya agar menetapi kebenaran. Apa pun yang dilakukan oleh guru dan sekolah, orangtua tidak boleh protes dan menunjukkan celaan di hadapan anaknya. Sebaliknya, orangtua justru harus menjadi pene-ngah yang membantu anak memahami guru dan sekolah, atau memberi perspektif positif pada diri anak dalam memandang guru maupun sekolah.

Ini bukan berarti tak ada jalan bagi orangtua untuk memperbaiki dan bahkan mengoreksi guru secara total �jika memang harus terjadi. Tetapi upaya untuk mengingatkan, menasehati dan memperbaiki guru maupun sekolah harus dilakukan dengan cara yang santun, menjaga kredibilitas guru dan sekolah, serta memperhatikan waktu dan tempat yang tepat. Dalam hal ini, sekolah bisa memfasilitasi dengan menyediakan majelis (forum) dan sarana bagi orangtua untuk menyampaikan kritik, teguran dan masukan.

Nah.

Jika orangtua harus menjaga tingkat kepercayaan anak terhadap guru, maka guru pun memiliki tugas untuk menumbuhkan kecintaan, kepercayaan, ketaatan dan penghormatan terhadap orangtua pada diri setiap murid. Upaya ini insyaAllah jauh lebih efektif dibanding jika masing-masing menyibukkan diri untuk mengingatkan murid agar menghormati diri. Perintah guru agar anak menghormati orangtua jauh lebih didengar daripada perintah untuk menghormati guru itu sendiri. Begitu pula sebaliknya, iklim penghormatan terhadap guru yang berkembang di rumah lebih mudah membangkitkan kepercayaan dan ketaatan.

Wallahu a'lam bish-shawab.
Respect! Menghargai, menyambut dengan hangat ujaran dan nasehat, ber-gairah dan menghormati gagasan dan pendapat guru merupakan pilar kedua keberhasilan pendidikan di sekolah. Kita lebih mudah menerima, menyerap, mencerna dan memahami apa yang diajarkan kepada kita apabila ada rasa hormat yang amat dalam pada diri kita terhadap sang pengjar, yakni guru. Ini berarti, sebelum berbincang tentang kompetensi guru atas materi yang diajarkan serta keterampilan dalam mengajarkan di kelas, kita harus terlebih dulu membangun sikap hormat pada setiap diri murid. Jika iklim penghormatan terhadap guru muncul, insyaAllah akan mudah bagi se-kolah untuk menumbuhkan dua iklim berikutnya, yakni motivasi dan belajar. Artinya, moti-vasi sudah merupakan bagian dari iklim sekolah. Bukan hanya kegiatan yang dilakukan pada waktu tertentu.
Tumbuhnya iklim penghormatan (respect climate) di sekolah menjadikan pembelajaran di kelas maupun luar kelas sebagai proses yang menyenangkan. Ada keinginan yang kuat pada diri murid untuk secara terus menerus menemukan pengalaman belajar. Mereka juga belajar membangun kompetensi personal berupa kemampuan menghargai diri, menilai diri, mengendalikan diri, serta menghargai orang lain. Jika suasana ini berkembang secara berke-sinambungan, maka setiap murid dapat menjadi penguat bagi murid lain. Di sinilah gairah belajar yang sesungguhnya akan tercipta. Di sinilah pembelajaran mandiri akan terbangun.

Pada tingkat ini, keterampilan mengajar yang kurang memadai menjadi "tidak terlalu mengganggu". Tentu saja bukan berarti guru boleh mengabaikan aspek ini. Justru sebaliknya, guru harus terus menerus mengembangkan kemampuan mengajar agar lebih komunikatif. Ingat, salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah tabligh (komunikatif) .

Nah, aspek yang sangat menentukan bagi tumbuhnya sikap respect murid terhadap guru adalah kepercayaan yang bulat. Ini berarti, menumbuhkan rasa hormat murid terhadap guru harus berbarengan dengan upaya membangun kepercayaan. Secara terus menerus kita perlu membangun dan menjaganya, meski guru tersebut sudah tidak lagi mengajar anak-anak kita.

Terakhir tapi bukan berarti tak penting adalah ikatan emosi antara murid dan guru. Ruang kelas yang bisa kita sediakan bagi murid-murid kita mungkin tak begitu nyaman. Tapi bila terdapat hubungan emosi yang sangat hangat dan kuat, maka apa pun bentuk ruangan kelasnya, pembelajaran akan senantiasa terasa menyenangkan.

Wallahu a'lam bishawab.


By.M. Fauzil Adhim

ANDA PEROKOK?


Jika ya, saya menghimbau anda untuk segera menyudahinya. Memangnya kenapa? Karena dengan merokok anda berarti telah ikut andil dalam membuat anak � anak sekolah ikut � ikutan menghisap tembakau yang dibakar itu. Anda pasti tahu dampak negative dari rokok itu bagi anda sendiri dan mereka.
Walaupun anda tidak pernah mengajari anak � anak itu merokok, mereka akan melihat anda dan menirunya. Saya sendiri dulunya adalah seorang perokok. Saya bersekolah di SMP yang hampir tiap siswa laki � lakinya adalah perokok. Merokok sembunyi � sembunyi di balik pagar sekolah. Saat itu, saya belum terpengaruh. Namun saat saya bertemu dengan seorang turis asal Amerika yang bernama Joyce kala itu, saya mulai merokok karena Joyce juga seorang perokok berat yang menurut saya dengan merokok dia kelihatan lebih keren. Saya hanya bertemu Joyce beberapa jam saja. Tapi dia telah berhasil mempengaruhi saya untuk merokok secara aktif. Perokok berat. Bagaimana jika siswa � siswi kita terus - menerus berinteraksi dengan orang � orang yang merokok di sekeliling mereka?. Alhamdulillah saya telah berhenti merokok sebulan sebelum saya menikah di tahun 2003. Dengan susah payah, saya harus berpuasa selama sebulan penuh di luar bulan Ramadhon, untuk berhenti merokok.
Apalagi jika siswa � siswi kita mengidolakan artis yang juga perokok. Tentu pengaruh untuk merokoknya jauh lebih kuat. Berarti bukan orang � orang sekelilingnya yang mempengaruhi mereka untuk merokok? Artis � artis itu mempengaruhi mereka untuk merokok dan anda yang perokok membentuk pola pikir mereka bahwa merokok itu legal dengan terus � menerus memberikan teladan.
Dan yang terpenting adalah, dengan merokok, anda memiliki andil untuk memperburuk kesehatan anak � anak kita. Mari kita pikirkan hal ini secara jernih.
Merokok, bukan lagi gaya hidup yang kini dianut oleh orang � orang barat. Karena tidak lagi popular, pabrik rokok sebesar Marlboro pun kini susah payah beroperasi di Negara asalnya sendiri, Amerika. Berhentilah sedari sekarang.

Sunday, March 8, 2009

SIAPAKAH BABU NGEBLOG ITU?


Saya baru mengenalnya. Dari tulisannya, ia berasal dari Blora, Jawa Tengah. Lebih lengkapnya, inilah postingannya mengenai dirinya:
Aku suka batu
karena hatiku sekeras itu
......................

Halah makanya susah deh ngomong ama babu yang satu ini. Capeek, kata temenku. Karena aku tuh pinter banget kalo disuruh "ndobos". Pembawaanku riang, ceria banget, selalu happy.

Pada 18 November'78, aku lahir. Aku ga pernah meminta emakku untuk diberi nama Sri Lestari, penginnya seh nama2 yang keren bin beken gitu. Waktu ku lahir si emak blum ngarti ama bahasaku, dikiranya pas aku nanges dulu tuh adalah tanda aku setuju ama nama yang digelarkannya padaku, baah. Dampak dari nama pasaran yang aku miliki ini, orang selalu nyangka aku adalah Sri Lestari yang laen, so sad...

Dulu waktu ku kecil bercita-cita pengin jadi pesinden, lantaran cinta banget ma bapak dan pengin selalu nembang pas beliau lagi ndalang( wuih anak dalang neh!). But cita-cita berubah begitu bapak pindah propesi jadi carik. Terus aja ku pengin jadi sekretaris, lagian aku juga hobby tulis-menulis, pikirku. Beda lagi pas aku dah masuk SMP karena pas pada jamannya itu lagi ngetrend2-nya SPK maka aku juga pengin jadi perawat, ah ga berapa lama kemudian ganti cita2 lagi pengin jadi pegawai bank supaya bisa pegang duit tiap hari, halah.

Nah dari kesekian cita2 luhur ku itu ternyata ga satupun yang kesampean, malahan aku mengikhlaskan diri kerja sebagai dishwasher alias tukang cuci piring di salah satu hotel di Semarang. Beruntung karierku menanjak, nah sekarang ga cuma dishwasher tapi juga clotheswasher/ tukang ngumbah gombal, floorwasher/ tukang ngepel lantai, toiletwasher/ tukang ngosek WC,...he he he...

Cita-cita terakhir adalah pengin punya warnet biar bisa ngenet tiap hari, tapi tuh maseh dalam rencana. Bisa kesampean ga ya?? Halah wong komputer tahunya aja cuma sebatas ms Word aja kok, he he he...

Nah, untuk nickname neh, ramai orang memanggilku beda-beda.
1. Sri, itu temen kecilku yang manggil.
2. Lis/ Tari, itu temen sekolahku yang menamai.
3. Gendhuk, spesial buat familiku.
4. Rie Rie, itu panggilanku dari orang yang sama ndableg n suka iseng kaek aku.
5. S L I, (bukan sambungan langsung internasional loh) ini dia yang aku suka, karena berarti mereka tuh tahu tentang sifat/watakku n nerima aku apa adanya.
6. S.Lestari, biasanya seh orang yang manggil aku demikian belum tahu tentang aku, seperti kamu khan?

Buseettttt.... banyak ameet!!

Ndableg begitulah aku, keras kepala, kampungan, cerewet, straight forward, dll lah. Halah yo ben.

Hobi banget baca buku, n numpuk buku(ngoleksi buku), kadang separuh gaji cuma lari ke buku. Soal nulis? Sebenernya banyak ide nulis tapi ide nulis itu biasanya keluar pada saat yang ga begitu tepat, contohnya pas aku lagi ngosek WC aku kepikiran mo nulis sesuatu yang unik n menarik but pas waktu di depan kompi semua ide tuh ilang ra karuan parak e, diganti ama rasa ngantuk yang maha dasyat juga capek yang ga ketulungan. Asyeem tenan.

Ok, opo maneh yo..(mikir), segitu aja untuk saat ni, ntar kalo ada perubahan tak edit deh. He he...

Inilah blogger yang menarik hati saya. Terima Kasih mbak Rie

YANG SAYA HORMATI: BABU NGEBLOG


Babu, siapakah dia?. Seperti debu di jalanan, ia diabaikan. Kelas proletar seperti mereka tidak akan merubah sejarah sebagaimana keturunan priyayi. Jika priyayi ditakdirkan sebagai penentu kebijakan, babu adalah bulan - bulanan kebijakan. Sampai kapanpun babu tidak akan pernah menjadi ndoro seperti sebuah lakon wayang; Petruk dadi Ratu. Tidak akan pernah. Mereka aspal untuk mobil para priyayi.
Namun itu tidak benar saudara. Dan anda sudah serta merta menjadi orang yang tidak beradab jika anda berpandangan sedemikian itu. Saya menjamin anda menjadi orang yang tidak beradab kalau anda berpandangan seperti itu. Jika anda seorang yang kaya yang memiliki seorang pembantu, perbedaan antara anda dan pembantu anda adalah hanya pada kekayaan. Alloh memberikan kekayaan kepada anda. Dan anda harus mensyukuri itu. Dan mungkin Alloh tidak memberikan kekayaan yang sama kepada pembantu anda. Sehingga mereka tidak bisa bersekolah setinggi anda. Kekayaan yang tidak mereka miliki membuat mereka bekerja di rumah anda. Dan karena itu mereka mulia. Mereka bekerja untuk menghidupi diri mereka sendiri, bahkan mungkin keluarga dan sanak famili mereka. Mereka mulia karena bekerja. Kemuliaan yang tidak dimiliki oleh para pengemis yang menggantungkan diri mereka ke belas kasihan orang lain.
Maka, bukan karena mereka bekerja untuk anda kemudian anda memiliki posisi yang lebih tinggi dari mereka. Bukan berarti anda berhak untuk menyakiti fisik dan batin mereka. Bukan karena mereka bekerja untuk anda kemudian anda punya hak berbuat semena - mena kepada mereka. Anda harus menghargai mereka sebagaimana mereka menghargai anda.
Sejenak mari kita berpikir mengenai sebuah kemungkinan yang bisa saja terjadi pada kita semua. Bayangkanlah jika pembantu kita juga dianugerahi kekayaan yang sama dengan kita. Bayangkanlah jika mereka memiliki kecerdasan yang sama dengan mereka. Dengan kekayaan dan kecerdasan yang dianugerahkan Alloh pada mereka, mereka bersekolah ke jenjang yang paling tinggi. Kemudian mereka bekerja dan malah menjadi atasan kita. Bukankah hal sedemikian ini bukan suatu yang mustahil bagi Alloh? Maka, mari kita syukuri apa yang diberikan Alloh pada kita dengan berbuat baik kepada semua jenis manusia.
Inilah murid saya yang pintar. Dia pandai sekali dalam pelajaran bahasa Inggris. Ketika lulus SMP. Saya bertanya kepadanya tentang kelanjutan sekolahnya. Dengan menangis ia berkata bahwa ia tidak mungkin meneruskan sekolah karena orang tuanya tidak memiliki uang untuk membiayainya. Saya mendengar kabar ia ke Jakarta, menjadi pembantu rumah tangga. Suatu saat, sang majikan menemukan anak yang diasuh oleh pembantu bekas murid saya itu berbicara dengan bahasa Inggris. Bertanyalah sang majikan kepada anaknya mengenai siapa yang mengajarinya berbicara dengan bahasa asing itu. Ternyata si pembantulah yang mengajarinya di tiap waktu ia menjaganya. Insyaflah sang majikan tentang kecerdasan si pembantu. Alloh menganugerahkan kebaikan kepada sang majikan yang dengan kebaikan itu ia memberhentikan si pembantu untuk menjadi pembantu dan menyekolahkannya dan mengharapkan agar sang pembatu tetap mengajari anaknya dengan berbagai hal yang baik. Terakhir saya dengar, bekas murid saya, si pembantu pintar itu, telah duduk di bangku kuliah.
Dan ini kisah tentang seorang TKW di Hongkong. Saya menemukan blognya subuh tadi. Pembantu di Hongkong itu Ngeblog!!!. Tulisannya bagus dan dia rutin membuat postingan untuk blognya itu. Dia menulis cerpen, puisi, dan pengalamannya selama bekerja di Hongkong, baik yang menyenangkan hingga yang menyakitkan hatinya. Dan tahukah anda, bagaimana ia menamai blognya? Ia menamai blognya dengan dua kata:Babu Ngeblog. Ia tidak malu dengan profesinya itu. Bahkan menurut saya, Ia bangga dengannya karena ia bekerja, karena ia tidak menggantungkan hidupnya kepada belas kasihan orang lain.
Dan tahukah anda mengapa ia tidak malu dengan profesinya bahkan ia menamai blognya dengan menyertakan kata BABU? Ia tidak malu karena ia memiliki kecerdasan. Silahkan anda simak tulisan - tulisannya di sini.
Kepada mbak Rie rie, sang babu yang ngeblog, maafkan saya jika ada yang kurang berkenan. Bukan maksud saya untuk berbuat demikian. Salam dan hormat saya kepada anda.

Saturday, March 7, 2009

BIS SIANG ITU


Aku turun dari sepeda motor temanku, aku menumpang padanya siang itu. Baru saja aku menjejakkan kakiku, sebuah bis yang tidak kuperhatikan sebelumnya, terbuka beberapa jendela kacanya yang berwarna hitam, lalu tersembul beberapa kepala siswa darinya. Aku masih tidak memperhatikannya hingga kepala - kepala itu menjeritkan namaku. Ternyata, orang - orang yang meneriakkan namaku itu adalah bekas - bekas muridku dahulu yang juga baru pulang dari sekolah mereka.
Aku mengajar di SMP desa. Lima belas kilometer dari kota kecilku ke arah timur yang bergunung. Lima belas kilo meter ke sekolahku itu adalah jalanan yang rusak karena terus menerus dilewati truk trailler bermuatan barang - barang berat bahan untuk mendirikan pembangkit listrik. Setiap hari aku berangkat ke sekolah tempat aku mengajar dengan menumpang angkutan umum yang bisa dikatakan cukup banyak. Mengapa aku tidak naik sepeda motor yang lebih cepat? Ada beberapa jawaban.
Saya membaca beberapa artikel global warming dan saya sadar bahwa dengan menaiki sepeda motor saya sendiri, berarti saya telah ikut andil dalam memanaskan suhu di bumi. Kedua, seperti yang saya tulis sebelumnya, jalanan menuju ke sekolahku rusak berat. Bersepeda di jalanan seperti itu membuat badan lebih lelah dan rawan sekali kecelakaan mengingat jalan itu adalah jalan yang cukup ramai dengan lalu lalangnya sepeda motor anak sekolah yang sering ugal - ugalan. Ketiga, jalur menuju sekolahku cukup ramai dengan angkutan umum. Karena banyaknya angkutan umum itu, sopir sering kebut - kebutan untuk berebut penumpang. Ini artinya tidak ada perbedaan waktu yang signifikan antara naik sepeda motor dengan naik angkutan umum untuk sampai ke sekolah. Keempat, saya tidak naik sepeda motor ke sekolah karena saya tidak memiliki sepeda motor. Dan nampaknya, ini adalah jawaban yang sebenarnya dari pertanyaan itu.
Tidak ada separoh dari murid saya yang lulus Ujian Nasional yang melanjutkan ke SMA atau SMK. Alasannya selalu sama; tidak ada biaya. Maka biasanya selepas SMP, anak - anak yang tidak melanjutkan sekolah itu merantau ke Jakarta atau Kalimantan atau Sumatra untuk menjadi pembantu rumah tangga atau tenaga penebang kayu. Sekolah masih menjadi barang yang mewah bagi sebagian besar murid - murid saya.
Maka, jika ada dari mereka yang bisa melanjutkan ke SMA atau SMK, itu sudah sangat beruntung sekali. Di dekat sekolah tempat aku mengajar itu ada sebuah Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Beberapa muridku ada yang melanjutkan ke sana. Namun, untuk bersekolah di SMA atau SMK, mereka harus ke kota. Lima belas kilo ditempuh dengan sepeda motor jika orang tua mereka mampu untuk membelikan. Namun jika tidak, sepertiku, mereka akan naik angkutan umum. Seperti bekas murid - muridku siang itu.
Namun, setelah tulisan yang kesana kemari di atas, sebenarnya saya tidak berniat untuk menceritakan jalanan yang rusak atau anak - anak yang tidak melanjutkan sekolah. Saya akan menceritakan perasaan saya ketika bekas murid - murid saya itu memanggil saya dengan berteriak. Dengan melambaikan tangan. Dengan tersenyum.
Jalanan di siang yang terik itu ramai dengan orang karena di dekatnya ada sebuah pasar tradisional yang ramai. Ketika semua bekas murid saya yang berada di dalam bis meneriakkan nama saya, tiap orang yang ada di situ memandang saya. Dan, saya malu karenanya. Maka, saya hanya tersenyum saja kepada mereka.
Mengapa mereka harus berteriak keras - keras? Bikin malu saja. Dan perasaan malu itu terus menerus memaksa saya untuk memikirkannya. Saya malu sekali awalnya, namun setelahnya, entah berapa jam kemudian, terpikir oleh saya, jika mereka memanggil nama saya, meskipun dengan berteriak, bukankah itu berarti mereka masih mengingat saya, guru mereka ketika masih di SMP dulu?. Mengapa saya harus malu untuk sesuatu yang seharusnya saya syukuri. Mereka mengingat saya. Ini luar biasa.
Saya bahagia dan, ya saya ingat, sembari berlalunya bis, mereka sekali lagi meneriakkan; "Selamat pulang pak?!"

Thursday, March 5, 2009

MURID BERMASALAH, GURU YANG SALAH DAN POLISI KARMA


Semakin maraknya pemberitaan televisi tentang guru yang menganiaya muridnya sendiri, membuat saya teringat sebuah lagu yang menjadi kesukaan saya ketika saya masih duduk di SMK dulu. Karma Police demikian judul lagu itu yang selalu saya dan teman � teman nyanyikan di kelas, sebagai pelampiasan rasa jengkel kami terhadap guru yang menurut hemat kami sangat menjemukan. Lagu itu berisi sindiran, yang tentu saja kami tujukan kepada guru yang tidak kami sukai, tanpa diketahui maknanya oleh yang bersangkutan karena berbahasa Inggris.
Bait pertama dari lagu itu adalah: Karma police, arrest this man. He talks in maths. He buzzes like a fridge. He's like a detuned radio. Saat itu, kami menerjemahkan bait ini sebagai berikut: Polisi Karma, tangkaplah orang ini. Bicaranya tidak jelas. Dia mendesis seperti kulkas. Dia seperti radio yang rusak. Inilah sindiran kami pada guru yang sering marah � marah tanpa alasan yang kuat. Kepada guru yang terlalu banyak menggurui dan tidak mau mencoba mengerti permasalahan kami, para muridnya.
Karma Police, judul lagu itu, berangkat dari kepercayaan Hindu dan Buddha yang menyatakan bahwa apapun yang dilakukan seseorang akan mendapatkan balasan setimpal di kehidupannya yang akan datang (Karma). Dengan menyanyikan lagu itu, seolah � olah kami berharap bahwa guru yang menjengkelkan itu akan segera mendapatkan balasan secepatnya.
Lalu, inilah bait kedua dari kedua dari lagu itu: Karma police, arrest this girl. Her Hitler hairdo is making me feel ill. And we have crashed her party. Terjemahan kami: Polisi Karma, tangkap wanita ini. Potongan rambutnya yang seperti Hitler itu membuat kami muak. Dan kami telah mengobrak � abrik pestanya. Bait ini kami tujukan untuk guru � guru kami yang wanita dan yang menjengkelkan. Guru yang kami menyebutnya pada saat itu, kemayu tapi ora ayu (sok cantik meskipun tidak cantik). Yang cerewet bukan main dan selalu melimpahkan semua kesalahan kepada kami.
Bait yang berikutnya: This is what you'll get. This is what you'll get when you mess with us. Kami menerjemahkannya: Inilah yang akan engkau dapatkan jika engkau macam � macam dengan kami. Dan bait berikutnya: Karma Police, I've given all I can. It's not enough. I've given all I can. But we're still on the payroll. Terjemahannya: Polisi Karma, saya telah melakukan yang kami mampu. Tapi itu tidak cukup. Saya telah melakukan yang kami mampu. Tapi kami tetap saja menjadi orang suruhan. Di bait ini, seolah � olah kami ingin mengatakan bahwa guru kami tidak mau mengerti meskipun kami telah berusaha untuk jadi murid yang baik, yang sesuai dengan keinginan mereka.
Dan inilah bait terakhir, yang merupakan kesimpulan dari lagu: For a minute there, I lost myself, I lost myself. Phew, for a minute there, I lost myself, I lost myself. Bait yang kami terjemahkan: Semenit di sana membuatku bosan. Hhhh, semenit di sana membuatku bosan menyatakan bahwa kami tidak fun ketika belajar dengan guru yang menjengkelkan itu sehingga kami tidak mendapatkan tambahan ilmu apapun darinya.
GURU ADALAH MURID
Maksud saya, seorang guru dulunya pasti juga seorang murid yang sudah pasti pernah jengkel dengan perlakukan seorang guru kepadanya. Kejengkelan itu pasti berpengaruh negatif terhadap prestasi belajarnya dalam pelajaran yang diampu oleh sang guru. Dengan mengingat hal itu, tentu ia tidak ingin jika saat ini dia dianggap sebagai seorang guru yang menjengkelkan sekaligus sebagai seseorang yang membantu siswa dalam membenci mata pelajaran yang dibawakannya.
Pengalaman saya semasa menjadi siswa SMK di atas bisa jadi pernah dialami oleh setiap orang yang pernah bersekolah. Jika di masa sekolah dulu, kita tidak suka jika diperlakukan secara semena � mena, mestinya hal itu membuat kita menjadi lebih peka dalam menghadapi siswa � siswi kita. Jika saya dulu jenuh dengan kemarahan dan hinaan dari guru saya, mestinya sekarang saya tidak begitu gampangnya marah � marah di depan murid � murid saya. Apapun kesalahan mereka.
Saya sendiri tidak setuju jika semua kesalahan ditimpakan kepada guru. Kita semua tahu bahwa siswa � siswi kita menghabiskan kurang lebih lima jam di sekolah. Sedang selebihnya, mereka menghabiskannya bersama orang tua dan lingkungan sekitar mereka. Tentu tidak adil hanya menimpakan kesalahan pada guru. Tentu tidak benar membebani guru dengan tanggung jawab mendidik anak � anak, sejumlah besar anak � anak, dan kemudian menyalahkan guru jika mereka tidak berlaku baik.
Seorang guru pun memiliki tanggung jawab dan beban � beban mereka sendiri. Terkadang beban � beban pribadi dan keluarga itu terlalu berat mereka pikul sehingga begitu gampang mereka tersulut emosi oleh ulah beberapa siswa bermasalah. Jika mereka khilaf, tentu manusiawi keadaannya.
Pemberitaan demi pemberitaan yang menayangkan gambar � gambar guru yang tengah menganiaya muridnya semakin memojokkan posisi guru. Di sisi lain, murid � murid bermasalah pun seakan mendapat angin untuk terus melakukan kenakalan � kenakalan berikutnya. Seolah � olah mereka berkata: �Ayo, silahkan tampar saya. Besok wajah bapak akan muncul di TV.� Mereka berlindung di balik aji mumpung.
Bukannya saya setuju dengan kekerasan yang dilakukan guru di sekolah. Namun, kita harus mendudukkan permasalahannya secara adil. Sampai kapanpun, tidak sepantasnya seorang guru melakukan kekerasan terhadap siswa � siswinya. Namun begitu, tidak seharusnya siswa bertindak sesuatu yang merendahkan martabat seorang guru.
TENGGANG RASA
Kuncinya terletak pada tenggang rasa. Seperti bunyi sebuah adagium; Perlakukan orang lain sebagaimana engkau ingin orang lain memperlakukanmu. Ada banyak hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru demi menjaga martabat mereka. Begitu pula terdapat banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang siswa agar martabat seorang guru tidak terkoyak. Untuk mewujudkan hal ini, peran masyarakat luas, pemerintah dan juga media masa sangat penting.
Di masa saya, kami melampiaskan kejengkelan kepada guru dengan melantunkan lagu � lagu sindiran. Di masa kini, kejengkelan itu diekspresikan dengan merekam perilaku salah guru untuk disebarkan ke masyarakat luas. Mudah � mudahan kelak tak akan terjadi sebuah adegan adu jotos antara siswa dengan gurunya. Jika terjadi, betapa memalukannya.

KEMBALI KE AGAMA


Muncul dugaan bahwa David, mahasiswa Indonesia yang belajar di Singapura, bunuh diri karena beasiswa yang seharusnya diterimanya dihentikan. David dikenal sebagai mahasiswa yang cerdas. Tidak ada yang menyangka bahwa mahasiswa brilian itu harus mati karena bunuh diri yang disebabkan oleh rasa putus asa.
Peristiwa yang menimpa David semakin menguatkan teori Goleman tentang Kecerdasan Emosi. Menurut Goleman, kecerdasan yang ditunjukkan dengan IQ yang tinggi tidaklah cukup. Untuk bisa menikmati hidup dengan sebaik � baiknya, seseorang harus memiliki apa yang disebutnya sebagai Kecerdasan Emosi. Setelah sekian lama dielu � elukan, IQ tidak lagi dipandang sebagai satu � satunya penentu keberhasilan seseorang di dalam hidupnya. Dan, seperti yang saya katakan sebelumnya, tindak bunuh diri yang dilakukan oleh David semakin menguatkan kebenaran teori Goleman tentang Kecerdasan Emosi.
Mengapa orang yang cerdas seolah � olah tidak waras dalam sebuah keadaan yang menekan? Mengapa orang yang seharusnya bisa berpikir jauh malah tertahan dalam pikiran yang sempit dan melakukan tindakan yang membahayakan orang lain dan dirinya sendiri? Secara lengkap bisa anda baca sendiri di bukunya Goleman, Emotional Intelligence. Namun saya ingin membahas sesuatu yang juga disinggung oleh Goleman. Orang � orang yang cerdas bisa melakukan hal � hal yang bodoh, yang tidak sepantasnya dilakukan oleh orang seperti mereka, karena hidup mereka hanya berorientasi pada dunia semata. Tidak ada ruang dalam pikiran mereka bahwa sebetulnya dunia adalah ladang tempat mereka menanam yang hasilnya akan mereka petik nanti di akhirat. Ketika pikiran tentang akhirat itu absen dalam kerangka berpikir mereka, setiap kegagalan yang mereka alami dalam hidup dianggap sebagai ancaman atas kehidupan mereka seluruhnya. Oleh karena itulah ketika mereka gagal, mereka merasa tidak ada gunanya lagi tetap hidup. Bunuh diri menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah.
Maka, untuk mengimbangi pikiran kita tentang kehidupan dunia, kita harus kembali ke agama. Saya rasa, kembali ke agama adalah satu � satunya cara yang bisa menjaga kita tetap di rel kehidupan yang benar. Hanya dengan menjalankan perintah agama yang benar kita bisa selalu sadar bahwa segala yang kita lakukan di dalam kehidupan kita, pada dasarnya merupakan penentu kebaikan kehidupan kita setelah mati. Sebuah kehidupan yang abadi.

Tuesday, March 3, 2009

PORNOGRAFI, BAHAYA YANG MEREBAK


Seorang oknum guru diduga terlibat dalam perbuatan tidak senonoh dengan muridnya sendiri. Lebih amoral lagi ketika perbuatan tidak baik itu kemudian direkam dalam kamera ponsel dan, entah disengaja atau tidak tersebar di kalangan murid � murid. Beberapa waktu lalu, adegan � adegan mesum di dunia pendidikan yang terekam dalam ponsel hanya dilakukan oleh seorang siswa dengan seorang siswi. Kini, nampaknya perbuatan amoral itu sudah pula menjangkiti guru.
Ada dua hal yang perlu dicatat berkenaan dengan terbongkarnya perbuatan dosa yang dilakukan oknum guru dengan muridnya itu. Pertama, peran media dalam menularkan perbuatan tidak baik kepada para pemirsanya. Alih � alih memberikan informasi kepada pemirsa tentang berbagai tindak kriminal, pemberitaan yang masif malah memberikan inspirasi kepada orang lain untuk melakukan perbuatan serupa. Anda tentu masih ingat kasus Ryan, pelaku mutilasi dari Jombang, Jawa Timur. Selang beberapa hari setelah pemberitaan Ryan, terdengar lagi kasus mutilasi di tempat lain yang juga melibatkan seorang waria. Kasus perbuatan mesum antara guru dan siswa yang baru dimuat di beberapa media ini pasti juga terinspirasi pemberitaan media sebelumnya.
Yang kedua, penggunaan ponsel berkamera saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Ponsel berkamera bisa dikatakan sudah mengganggu privasi seseorang. Dengan memanfaatkannya sebagai kamera tersembunyi, ponsel bisa digunakan untuk merekam hal � hal yang kurang patut dinikmati khalayak luas. Untuk itu, penggunaan ponsel berkamera, nampaknya harus segera dibatasi. Jika tidak dalam skala yang luas, minimal pembatasan itu dilakukan di lingkungan pendidikan. Beberapa Negara dikabarkan juga telah melarang penggunaan ponsel berkamera Karena penggunaannya telah melanggar wilayah � wilayah privat.
Ponsel bukan satu � satunya biang keladi atas tindakan seksual menyimpang. Dulu, majalah � majalah porno dituding sebagai awal dari masalah. Namun sekarang, dengan perkiraan pengguna internet yang terus bertambah tiap tahun, pornografi semakin mudah diakses. Beban orang tua dan guru kini semakin berat saja. Terlebih ketika diketahui bahwa anak dan remaja yang kecanduan pornografi akan mengalami gangguan perilaku dan kemampuan inteligensia. Persoalan pornografi menjadi persoalan yang cukup serius tidak hanya bagi orang tua dan guru tapi juga pemerintah.

TERIMA TANTANGANNYA, BUATLAH KESALAHAN


Baru saja saya masuk ke dalam rumah, ketika seorang tokoh di film kartun yang ditonton anak saya berkata: �Terima tantangannya, buatlah kesalahan.� Film kartun itu berkisah tentang seorang ibu guru dengan murid � muridnya yang belajar banyak hal dengan mengerjakannya secara langsung. Bukan hanya dengan membaca buku. Ketika sang murid mulai ragu dengan yang mereka lakukan, saat itulah sang guru mengatakan sebuah kalimat yang membuat saya menghentikan langkah. Kata � kata yang diucapkan oleh sang guru itu begitu menginspirasi.
Saya mengajar di sebuah sekolah desa yang murid � muridnya bisa dikatakan tidak memiliki kepercayaan diri. Mereka masuk sekolah dengan perasaan bahwa mereka bodoh dan �ndeso�. Jarang dari mereka yang mau berbicara akrab dengan guru. Jangankan mengacungkan jari tangan untuk bertanya sesuatu yang belum jelas bagi mereka. Ketika ditunjuk untuk mengerjakan soal di papan tulis saja jarang sekali mereka beranjak dari tempat duduknya untuk memenuhi perintah itu.
Nampaknya kalimat sakti yang diucapkan oleh sang guru di film kartun tadi perlu diajarkan kepada mereka. Kalimat sakti yang diyakini oleh Edison, oleh Einstein dan banyak ilmuwan besar lainnya. Ilmuwan � ilmuwan yang lahir dari semangat untuk selalu menerima tantangan dan membuat kesalahan.
Baiklah, esok saya akan berkata kalimat yang sama dengan yang diucapkan oleh sang guru di film kartun itu: �Terima tantangannya, buatlah kesalahan�.

Monday, March 2, 2009

SAAT YANG CERDAS TIDAK BERKEMAMPUAN


Inilah teman SD saya, sebut saja Tutik. Saat di kelas satu sampai di kelas tiga SD, ia bodoh bukan kepalang. Membacanya terbata � bata saat semua sudah bisa membaca dengan lancar. Apalagi jika guru mengajarkan pelajaran hitung � hitungan, pasti ia paling tidak mampu mengerjakan soal � soal yang diberikan oleh guru. Namun entah keajaiban apa yang terjadi padanya. Ketika menginjak kelas empat, ia menjadi sangat menonjol di setiap pelajaran. Bukan hanya di pelajaran � pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia, dalam pelajaran Matematika pun ia paling pandai. Kami yang semula mengejek dan sering mengolok � oloknya berubah menyeganinya.
Tutik melanjutkan sekolahnya ke SMP paling favorit di kota kami. Di SMP itu pun ia tak terkalahkan. Masih tetap nomor satu. Selepas dari SMP, ia melanjutkan ke SMA paling favorit di kota kami. Dan ketika duduk di SMA itu, ia makin tidak terbendung. Kecerdasannya bahkan sampai tersiar ke luar tembok pagar sekolahnya. Saya yang bersekolah di SMK merasa takjub ketika sadar bahwa hampir tiap orang kenal dengan Tutik. Berkat kecerdasannya.
Namun sayang, kecerdasan yang cemerlang itu harus terhambat ketidakberdayaan kemiskinan. Ibu Tutik yang janda, hanyalah seorang penjual ikan goreng di pasar. Keinginan Tutik untuk bisa melanjutkan ke IPB, kampus yang menjadi impiannya, pupus. Ia hanya bisa bersekolah di sebuah sekolah tinggi lokal, yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Tapi, meskipun disebut � sebut sebagai sekolah yang tidak bermutu, Tutik harus memasukinya dengan susah payah. Untuk membiayai SPP bulanan pun ia harus membiayainya sendiri dengan menjadi guru di sekolah swasta.
Untungnya kecerdasan Tutik tidak hilang hanya karena tidak bisa bersekolah di IPB. Ketika akhirnya ia lulus dari sekolah tinggi itu, ia lolos tes CPNS untuk menjadi guru di sebuah SMA desa.
Tutik masih bisa dikatakan cukup beruntung. Jika saya mempunyai teman seperti Tutik, saya yakin banyak orang yang memiliki teman, tetangga, saudara yang juga tidak mampu sepertinya. Saya tidak bisa membayangkan berapa banyak orang yang cerdas di negeri ini namun ia tidak mampu menunjukkan kecerdasannya itu kepada dunia. Mereka yang seharusnya menjadi dokter, insinyur, pengacara yang mampu berkarya dengan karya paling gemilang, lalu hanya menjadi buruh tani karena tidak bisa mengecap pendidikan tinggi.
Saya tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika tiap orang yang cerdas di negeri ini dilahirkan dari keluarga yang tidak mampu.

Sunday, March 1, 2009

PELAJARAN AGAMA TERLALU TEORITIS?


MEMBACA berita tentang pemerintah Yogyakarta yang berkeinginan untuk memperbaiki pendidikan agamanya yang dinilai terlalu teoritis dan terfokus pada materi hafalan sehingga tidak mampu memperbaiki akhlak para pelajarnya, membuat saya terpekur. Benarkah pelajaran agama saat ini dinilai terlalu teoritis sehingga tidak berdampak pada perbaikan akhlak siswa?

Sejak kecil dulu, saat saya dan teman � teman saya biasa belajar dan tidur di surau, kami telah diberi wejangan oleh ustad bahwa menuntut ilmu agama itu wajib bagi umat Islam baik laki � laki dan perempuan. Bahkan kewajiban itu berlaku sejak masih kanak � kanak sampai waktunya untuk disemayamkan di liang lahat.

Ustad kami juga menyampaikan bahwa Nabi Muhammad diutus untuk memperbaiki akhlak. Beliau mendidik dengan memberi contoh yang baik terlebih dahulu kepada para sahabatnya sebelum beliau memerintahkan kepada para sahabatnya untuk melakukan perbuatan baik itu. Dan, dengan cara ini, beliau berhasil memperbaiki akhlak.

Maka, menurut saya, jika pelajaran agama saat ini dinilai tidak mampu memperbaiki akhlak karena terfokus pada hafalan, saya tidak begitu sependapat. Ajaran � ajaran Nabi Muhammad berkenaan dengan akhlak ditulis dalam hadits, rekaman sabda � sabda Nabi yang disaring keasliannya oleh para ulama besar. Dari hadits � hadits itulah umat Islam belajar untuk berakhlak mulia. Sabda � sabda Nabi itu adalah sumber dari akhlak mulia. Oleh karena itu, sabda � sabda itu memang harus dihafal agar tertanam dalam sanubari dan terimplementasi dalam perbuatan. Selain itu, agar hadits � hadits itu dapat diajarkan lagi kepada orang lain. Dengan menghafal dan menyampaikan hadits � hadits itu, seolah � olah kita adalah �penyambung lidah� Nabi.

Sesuai dengan yang diajarkan ustad saya saat di surau selepas maghrib bertahun lalu, menurut hemat saya, yang membuat siswa tidak terperbaiki akhlaknya adalah karena mereka tidak mendapatkan panutan atas apa yang diajarkan kepada mereka. Dalam teks, mereka mendapatkan sesuatu yang sangat ideal. Namun dalam kenyataan, mereka mendapati sesuatu yang berkebalikan. Karena itulah mereka tidak memandang ajaran sebagai suatu sumber nilai melainkan hanya sebagai informasi semata. Sebagaimana seekor keledai yang mengangkut buku � buku penuh muatan ilmu.

Yang terbaik, siswa perlu untuk mendapatkan lingkungan yang bisa mereka teladani dalam melaksanakan akhlak mulia. Lingkungan tempat tinggal mereka, guru � guru mereka, harus mampu menjadi teladan yang baik. Tanpa itu, meskipun metode pembelajaran diganti dengan sesuatu yang dianggap terbaik sekalipun, akan sulit terlihat perbaikan akhlak yang signifikan dari siswa � siswi kita.

PAHLAWAN TAK BUTUH IMBALAN


KARENA pahlawan adalah mereka yang telah ditempa dengan keikhlasan dalam tiap tindakannya, maka,jika mereka tidak digaji selama tiga tahun sekalipun atas jerih payah mereka, bukan suatu masalah bagi mereka. Predikat pahlawan lebih dari cukup. Tidak semua orang bisa mendapatkan gelar itu. Gelar pahlawan adalah anugerah yang tidak dapat dinilai dengan materi. Oleh karena itu, karena jasa mereka tidak ternilai, mereka tidak perlu digaji!

Pahlawan adalah mereka yang berotot kukuh, berhati liat, dan berkemauan baja. Oleh karena itulah mereka pasti tahan bekerja apa saja. Setelah mereka menjalankan kewajibannya sebagai pahlawan, mereka dapat terus bekerja. Entah menjadi tukang ojek, cleaning service, tukang cuci dan seterika ataupun tukang jaga malam. Mereka sudah terbiasa.

Mereka juga berjiwa dan berperilaku sederhana. Lihatlah, mereka tahan makan nasi aking berbulan � bulan. Hidup dengan seratus � dua ratus ribu rupiah saja tiap bulannya. Untuk sepeda sederhana yang mengangkut mereka ke tempat kerja pun dicicil dengan ancaman sepeda ditarik jika terlambat membayarnya.Untuk membangun rumah yang juga sederhana, mereka menggadaikan SK. Benar � benar sederhana. Masa depan pendidikan anak � anak mereka, tidak sempat terpikirkan oleh mereka. Tidak ada tabungan, tidak ada asuransi pendidikan.

Beberapa minggu lalu, diperingati hari mereka. Diadakanlah upacara � upacara peringatan. Dan pahlawan kita berseragam batik biru berdiri kepanasan. Di seberang sana, di bawah tempat yang teduh, seseorang berkata: �Ini adalah hari anda. Tiap orang di seluruh negeri memperingatinya. Tanpa anda, negeri ini berhenti. Terima kasih. Dan saya kembali tandaskan bahwa anda semua adalah pahlawan�. Lalu bergemuruhlah hymne � hymne yang menyenandungkan pujian. Namun, sesaat sebelum hymne diakhiri, terjadilah keributan kecil. Beberapa anggota dari regu penyanyi mengatakan bahwa baris terakhir dari hymne itu berbunyi: �Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa.� Namun sisanya tak kalah ngototnya mengatakan bahwa baris itu telah diganti.

MAHASISWA DALAM OBROLAN


SEJAK SD sampai SMK, nyaris tidak saya dengar berita tentang mahasiswa yang melakukan keributan. Tawuran hanya berlaku pada anak � anak SMA saja. Sampai berdarah � darah bahkan mati pula. Namun semenjak kuliah hingga sekarang, berita tentang mahasiswa yang tawuran, saling lempar batu diantara mereka jauh lebih santer terdengar ketimbang tawuran yang dilakukan oleh adik � adik SMA mereka. Ada apa dengan mahasiswa kita?

Teman saya berpendapat bahwa mahasiswa yang suka tawuran sekarang ini, adalah anak SMA yang suka tawuran di masa lalu. Di dalam diri mereka memang telah tumbuh gen suka tawur sehingga terus terbawa hingga di usia dimana seharusnya mereka malu jika mereka melakukan hal itu. Apalagi, mahasiswa mestinya telah bergesekan dengan berbagai pemikiran yang mereka pelajari dari buku � buku karangan para tokoh dunia yang membuat mereka lebih kritis dan lebih analitis dalam menghadapi masalah. Ini tidak. Benar juga, pikir saya.

Namun, teman saya yang lainnya tidak sependapat dengan hal itu. Menurutnya, apa yang terjadi pada mahasiswa sekarang ini dikarenakan mereka lalai dengan berbagai hal yang bermanfaat sehingga mereka sibuk dengan berbagai hal yang tidak bermanfaat bagi mereka. Kata teman saya itu, jika anaknya nanti tiba saatnya untuk kuliah dia tidak akan mengkuliahkannya di Jogja. Karena, katanya, Jogja sudah terkenal dengan pergaulan anak kos yang kelewat bebas. Pergaulan bebas itu adalah salah satu contoh akibat ketidak pedulian mahasiswa pada berbagai hal yang bermanfaat bagi mereka.

Mahasiswa sekarang jarang ada yang betah berjam � jam membaca buku. Namun, mereka piawai sekali jika disuruh chatting atau mencari teman baru di Friendster. Mahasiswa sekarang kemana � mana bawa laptop. Bukan untuk mengerjakan tugas � tugas kuliah. Tapi, untuk mencari hotspot. Maaf, ini pendapat teman saya.
Barangsiapa lalai dari berbagai hal yang bermanfaat bagi dirinya, pasti dia akan disibukkan dengan berbagai hal yang tidak bermanfaat. Ini sudah hukum alam, kata teman saya menegaskan. Lalu, apakah sistem pendidikan kita mempunyai andil dalam menciptakan semua ini? Entahlah, jawab teman saya.

Bagaimana menurut anda?

OSHIN DAN ANAK - ANAK KITA


DULU, saat udara Indonesia hanya dilewati gelombang TVRI, ada waktu � waktu saat kami duduk menonton gadis cilik dari Jepang yang berwajah imut, menggendong bayi sambil sekolah. Dulu, saat sinetron yang ada tidak menceritakan tentang lelaki yang memperebutkan cewek atau sebaliknya, atau tentang orang � orang yang saling berebut harta, Oshin adalah tayangan selain �Serumpun Bambu� atau �Rumah Masa Depan� dan juga �Flash Gordon� yang cukup menyita perhatian kami juga kakak dan orang tua kami. Kisah hidup yang dialami Oshin cukup dekat dengan cerita kehidupan kami sendiri. Maka, semangat dan kegigihan Oshin menular kepada kami. Setidaknya, selama satu jam penayangannya.

Beberapa saat lalu, TVRI kembali menayangkan kisah Oshin yang kami sukai saat kecil dulu. Sekitar dua puluhan tahun lalu, kami menontonya dari sebuah televisi hitam putih yang itupun hanya dimiliki oleh orang kaya di kampung kami. Bergerombol kami duduk mengelilingi televisi. Kini, saat setiap rumah umumnya telah memiliki sebuah televisi, ketika saya kembali menontonnya dan bernostalgia, baru saya tahu bahwa film Oshin pada waktu itu telah diformat dalam film berwarna, bukan film hitam putih. Tentu saya tidak bisa mengembalikan suasana masa lalu dengan sempurna hanya dengan menontonnya di ruang keluarga saya. Namun, semangat Oshin tetap menular.

Hingga suatu ketika, terpikir oleh saya tentang bagaimana jika semangat itu juga tertularkan kepada murid � murid saya. Karena itulah esok paginya saya meminta murid � murid saya untuk menonton Oshin selama sekian hari. Minggu berikutnya, saya bertanya kepada murid � murid saya tentang kesan mereka terhadap film itu. Seperti yang saya duga sebelumnya, ternyata Oshin juga mampu menginspirasi mereka semua. Bahkan beberapa dari mereka beralih menonton Oshin dari sebelumnya menonton sinetron remaja. Sungguh luar biasa.

Oshin menunjukkan bahwa film memiliki kekuatan luar biasa dalam mempengaruhi pemirsanya. Film yang menginspirasi saya ketika saya seumuran SD ternyata masih juga mampu menularkan semangat setelah lebih dari dua dasawarsa. Namun sayang, keadaan ini tidak lantas membuat produser � produser film kita berusaha melahirkan film yang berkualitas serupa. Mereka lebih tertarik membuat sinetron � sinetron yang terbukti tidak mencerdaskan. Benar � benar kita sayangkan.

BEBAN BERAT SEORANG GURU


SEUSAI membaca berita di koran pagi itu, tentang seorang guru di Gorontalo yang menampar murid � muridnya, seorang guru berkata: �Sungguh berat beban seorang guru. Jika siswa tidak lulus, yang disalahkan gurunya. Jika mereka terlibat tawuran, yang disalahkan gurunya. Namun, jika guru dilecehkan oleh murid � muridnya, mereka harus selalu bersabar. Tidak bersabar, bahkan bila sampai menangani murid � muridnya, mereka akan dituduh telah melanggar HAM.�

Bel masuk berbunyi. Saya dan teman guru yang lainnya masuk ke kelas untuk mulai mengajar. Di tengah � tengah mengajar, saya mencandai para siswa itu: �Jika kamu nakal, hal pertama yang akan saya lakukan adalah menampar kamu�. Dengan tertawa murid � murid saya menjawab: �Jika bapak menampar kami, hal pertama yang akan kami lakukan adalah melaporkan bapak ke polisi karena bapak telah melanggar HAM�. Kami lalu tertawa bersama.

Bel istirahat berbunyi. Tanpa saya duga, seorang guru wanita melaporkan kenakalan anak � anak di kelasnya yang sudah kelewat batas. Ketika ibu guru itu marah � marah, dengan mengejek, anak � anak itu berkata bahwa mereka akan melaporkan sang ibu guru jika sampai memukul mereka.

Seorang guru senior, kemudian angkat bicara. �Itulah. Guru sekarang tidak lebih bermartabat daripada guru di masa lampau. Guru � guru saya dulu, tidak segan memukul siswa dengan penggaris jika murid � muridnya melakukan kesalahan. Itupun masih disertai dengan omelan yang menyakitkan hati. Tapi, banyak dari murid � murid itu yang kemudian menjadi orang � orang yang sukses. Saat ini, anak � anak kita dimanjakan dengan perlakuan istimewa. Tapi kemampuan akademis anak � anak sekarang tidak lebih baik daripada siswa � siswa lulusan sekolah jaman dulu. Celakanya, selalu guru yang disalahkan�.

Entah mana yang benar. Tapi keluhan beberapa guru di atas tidak bisa disalahkan begitu saja.

Tags

Recent Post